PU Tanggamus Baru akan Perbaiki Saluran Waytuba dan Waykuripan  

0
316
views

 

KOTAAGUNG – Keluhan masyarakat Kelurahan Kuripan dan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung soal banjir yang sering terjadi, akhirnya ditanggapi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanggamus. Kemarin (28/3) siang, Kepala Dinas PU Tanggamus Riswanda Djunaedi beserta Sekretaris PU Okta Rizal dan jajarannya, terjun ke lapangan guna memantau langsung sistem pengairan di Kecamatan Kotaagung. Mereka mengecek sejumlah titik aliran sungai yang kerap menyebabkan banjir.

Setelah melakukan peninjauan langsung, Riswanda mengatakan, ternyata banyak sekali faktor yang menyebabkan luapan air di area Kotaagung. Mulai dari sempitnya saluran air, tumpukan sampah, serta kondisi sungai yang meliuk-liuk di wilayah pemukiman warga.

Dinas PU kemarin meninjau saluran air di dua lokasi. Pertama adalah aliran Waytuba di Kelurahan Kuripan. Lokasi berikutnya adalah aliran Waykapuran, di Kelurahan Pasarmadang.

“Melalui peninjauan ini kita dapat menilai dan mempelajari tindakan apa yang paling tepat untuk rencana penanganannya,” kata Riswanda usai meninjau aliran Waykapuran di Kelurahan Pasarmadang.

Langkah Dinas PU untuk menangani luapan air di Waykapuran, adalah dengan menganggarkan Rp300 juta tahun ini untuk pengerjaannya. Tetapi pada tahun berikutnya, diupayakan untuk dianggarkan kembali. Karena dirinya menilai angka tersebut masih kurang maksimal.

Sedangkan untuk penanganan luapan air dari aliran Waytuba, lanjut Riswanda, adalah pelebaran selokan. Karena menurut dia, lebar selokan yang sekarang ini, tidak akan mampu menampung volume air ketika diguyur hujan intensitas deras.

“Semua itu akan kita kerjakan secara bertahap. Karena menurut penilaian kami setelah melihat langsung, pembangunan tahun ini belum bisa menahan luapan air dengan maksimal,” tandas Riswanda yang diamini Okta Rizal. (ayp)

 

.

LEAVE A REPLY