Proses Pengangkatan Bidan PTT Murni Dari Pemerintah Pusat

TRANSLAMPUNG.COM- Sebanyak 117 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang akhirnya diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Para Bidan PTT tersebut adalah mereka yang bertugas di lokasi biasa dan terpencil.

Kepala badan kepegawaian, pendidikan dan pelatihan (BKP2) kabupaten Tulangbawang, Hasbi mengatakan bahwa di Kabupaten Tulangbawang, ada sekitar 117 bidan PTT yang diangkat menjadi PNS.

“Proses pengangkatan bidan PTT menjadi PNS dilakukan oleh pemerintah pusat. Semuanya oleh dan dari pemerintah pusat. Pemerintah Daerah hanya menerima berkas salinan dari pusat. Semua murni dari pusat,” ucapnya, Rabu (1/3).

Lebih jauh, Hasbi menerangkan jika pengangkatan tersebut mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 07 tahun 2017, tentang Penetapan Kebutuhan PNS dari program PTT Kementerian Kesehatan di lingkungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tahun 2017.

Mantan kepala dinas pariwisata kabupaten Tulangbawang tersebut menjelaskan, seluruh bidan PTT yang telah dinyatakan lulus tes atau seleksi rekrutmen harus melakukan kelengkapan berkas yang diperlukan.

“Proses seleksi dilakukan langsung oleh pusat, tidak ada campur tangan dari daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, pengangkatan tersebut berdasarkan data Kemenpan RB dan dilihat dari masa kerja dan usia bidan PTT.

“Masa kerja terendah adalah 1 tahun 6 bulan. Usia terendah adalah 24 tahun, tertua adalah 33 tahun. Ada 117 Bidan PTT yang sudah dinyatakan lulus. Pengumumannya ada di papan pengumunan yang ditempel di dinding kantor BKP2,” tutupnya. (tnn)

News Reporter