. . .

Program NUSP Kota Karang Proritaskan Penanganan Wilayah Pesisir

image_print

Nuraini selaku anggota LKM Kelurahan Kota Karang

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur (TKB) Kota Bandarlampung merupakan salah satu diantara 10 Keluarahan yang ada di Bandarlampung mendapatkan program peningkatan kualitas pemukiman Kumuh perkotaan tahun 2018.

Program ini di gulirkan oleh pemerintah pusat melalaui Program Neighborhood Upgrading And Sheleter Project Phase 2(NUSP-2) tahun 2018 yang dicanangkan oleh Kementrian PUPR untuk peningkatan kualitas pemukiman kumuh perkotaan.

Dalam pelaksanaan program NUSP di kelurahan Kota Karang ini ditangani oleh pihak Lembaga Kesuadayaan Masyarakat (LKM) kelurahan Kota Karang selaku kordinator dalam pelaksanaan program NUSP yang langsung di tangani oleh ketua LKM untuk menjalankan program-program yang telah di rencanakan.

Menurut kordinator LKM Kota Karang Zainal di wakili oleh anggota LKM Nuraini menjelaskan bahwa untuk program NUSP di kelurahan ini memproritaskan penanganan wilayah pesisir dengan melakukan antisipasi meluapnya banjir rob yang yang akan terjadi .

“Saat ini kita di kelurahan ini sedang membuat drainase sepanjang jalan Teluk Bolne 1 di khawatirkan kalau tidak di pakai drainase maka air akan meluap masuk terutama di wilayah pesisir jadi untuk tahun ini program NUSP ini kita prioritaskan pemasangan drainase,”kata Nurini saat di konfirmasi di kediamanya, Minggu (22/7/2018).

Selain pembuatan drainase pihaknya juga melakukan pemasangan paping blok jalan lingkungan serta pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di lingkungan wilayah pesisir .

“Nah,TPS ini nantinya untuk menampung sampah-sampah yang ada di wilayah pesisir ini ,namun sebelumnya itu kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar jangan membuang sampah di aliran Sungai Kali Belau di wilayah ini,”jelasnya .

Dirinya juga menambahkan bahwa di Kelurahan Kota Karang ini nantinya akan di jadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) karna dengan adanya RTH maka image Kelurahan Kota karang yang terkesan kumuh ini akan hilang sendirinya dengan adanya RTH Ini.

“Untuk lokasi RTH sendiri sudah ada lokasinya tinggal pelaksanaan kegiatan yang akan kita laksanakan secepat ini mudah mudah program NUSP yang kita tangani ini bisa berjalan lancar ,” ucapnya.

Dirnya juga berharap kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Kota Karang agar bersama sama mendukung kegiatan ini.

“Saya berharap kepada masyarakat jika dalam kegiatan ini sedikit mengganggu aktifitas masyarakat harap di maklum karna tujuan kita membangun ini demi kepentingan bersama untuk mencapai tujuan yang kita harapkan Kelurahan Kota Karang menjadi kelurahan Terbuka Hijau,”pungkasnya. (ydn)