Primkopal Lanal Lampung Dapat Apresiasi Dalam RAPJ 2016

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Primer Koperasi Pangkalan Angkatan Laut (Primkopal Lanal) Lampung melaksanakan Rapat Anggota Pertanggung Jawaban (RAPJ) Tahun Buku 2016 bertempat di Aula Balai Pengobatan Lanal Lampung Jl. Yos Sudarso KM. 10 Panjang Bandar Lampung, Jumat (11/2).

RAPJ yang diikuti seluruh anggota Militer dan PNS Lanal dibuka oleh Komandan Lanal Lampung yang diwakili Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Lampung Mayor Laut (KH) Davit Darius R. S.P.T. yang dalam amanatnya menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan keluarganya dengan upaya bersama-sama pengurus menambah ilmu dan pengetahuan, dalam kemitraan usaha antar koperasi dan non koperasi dilaksanakan sesuai aturan undang-undang koperasi dengan berpedoman sehat mental, sehat organisasi dan sehat usaha, pengawak koperasi harus lebih profesional dalam pengelolaan koperasi dalam kegiatan usaha perlu dihindari hal-hal yang dapat menimbulkan masalah dikemudian hari, setiap tindakan usaha koperasi hendaknya selalu mempunyai legallitas yang pasti.

Selain sambutan Komandan Lanal Lampung selaku pembina Primkopal, dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Peswaran yang ikut hadir dalam pembukaan RAPJ yang disampaikan oleh bapak Aznan bahwa RAPJ merupakan laporan kegiatan koperasi selama setahun dan penyampaian rencana kerja di tahun yang akan datang, di Pemkab Pesawaran Dinas Koperasi dan Ukm sudah berdiri sendiri dimana sebelumnya masih bergabung dengan dinas Perindustrian dan Perdagangan, perkembangan koperasi di pesawaran setiap tahunnya mengalami kenaikan, terutama koperasi di bawah Lanal dan Brigif 3 Marinir, mengacu kepada undang-undang nomer 25 pasal 10 bahwa koperasi wajib melaksanakan RAPJ apabila dalam dua tahun berturut tidak melakukan RAPJ koperasi tersebut tergolong tidak aktif.

Dari Puskopal Armabar yang diwakili Kepala bidang usaha Kapten Laut (T) Wawan Gunawan yang ikut hadir dalam rapat tersebut disampaikan bahwa, RAPJ merupakan kegiatan rutin tahunan dilaksanakan karena disitu akan dinilai kinerja dari para pengurus koperasi selama setahun, keberadaan kegiatan koperasi harus dapat dirasakan secara langsung oleh anggota dan keluarganya, Puskopal Armabar memberikan apresiasi kepada Primkopal Lanal Lampung karena di tahun 2016 primkopal Lanal mengalami kenaikan SHU dibanding tahun 2015, dimana pada tahun 2016 mengalami kenaikan sebesar 114,44 %.

Rapat menghasilkan beberapa keputusan dan rencana-rencana kerja yang merupakan penjabaran dari aspirasi anggota untuk memajukan koperasi di masa yang akan datang. Beberapa keputusan yang telah diterima antara lain telah diterimanya Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Primkopal Lanal Lampung tahun buku 2016 dan telah disahkannya Program Kerja dan Anggaran Pengurus dan Pengawas Primkopal tahun 2017.

News Reporter