Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir di Lampung untuk Launching Peningkatan Kapasiitas Aparatur Desa

TRANSLAMPUNG.COM, BANDAR LAMPUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir di Provinsi Lampung guna melakukan Launching Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa 18 Juli 2018 di Gedung Graha Mandala Alam Bandar Lampung. Kepastian itu diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah Lampung Hamartoni Ahadis saat memimpin rapat awal persiapan kunjungan Presiden di Ruang Rapat Utama, Rabu (11/7/2018).

Hamartoni mengungkapkan dalam kegiatan tersebut Presiden akan didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani , Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Para Menteri tersebut diagendakan akan menjadi pembicara diskusi panel tentang tema-tema pembangunan terutama terkait dengan pemerintahan desa. Hamartoni mengatakan rapat awal ini melibatkan Pemerintah Provinsi Lampung, aparat keamanan TNI dan Polri. Kemudian dilanjutkan kembali dengan rapat lanjutan guna membahas persiapan kegiatan secara lebih detail.

Sementara itu, Kepala Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Effendi menjelaskan dari 3 wilayah UPT Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Ditjen Pemdes Kementrian Dalam Negeri, Provinsi Lampung merupakan daerah pertama yang terpilih untuk melakukan launching peningkatan kapasitas aparatur desa.

Tema kegiatan ini adalah “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Desa untuk Memperkokoh Peradaban Bangsa Menuju Desa yang Sejahtera”. Tema ini merupakan rangkaian kegiatan dari Rakornas yang bertujuan meningkatkan kapasitas apartur desa mulai dari kepala desa, sekretaris desa hingga lembaga kemasyarakatan melalui pelatihan-pelatihan yang ada di balai pemeritahan desa. Adapun peserta yang terlibat yakni 2100 peserta yang berasal dari 10 Provinsi wilayah kerja PMD Lampung. (*).

News Reporter