. . .

Praktik Pungutan Parkir Ganda di Pasar Tengah

image_print

Yusuf: Mintanya Juga Enggak Sopan

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Keluhan praktik pembayaran parkir ganda di kawasan Pasar Tengah, Bandarlampung, sampai kini tak jua berujung solusi. Meski pengendara sudah membayar parkir di loket masuk, namun pada saat didalam kawasan pasar tengah, petugas parkir pun meminta duit kembali.

Sudah bertahun-tahun kejadian ini terjadi, bukan hanya masyarakat, namun juga dialami pada anggota dewan, seperti yang dialami anggota komisi II DPRD Bandarlampung, M Yusuf Erdiyansyah Putra.

Ia menceritakan, pada Rabu (23/5) lalu, saat kendaraannya parkir di kawasan pasar tengah, ia ditagih oleh petugas parkir yang berada didalam kawasan tersebut, bahkan cara memintanya terbilang tidak sopan, yakni dengan cara mengetuk-ngetuk kaca mobil.

“Mintanya juga enggak sopan, dan secara paksa, mengetuk-ngetuk kaca mobil, “cerita Yusuf, Kamis (24/5).

Ia pun meminta Dishub Bandarlampung harus tegas dalam penataan sistem perpakiran itu, sehingga tidak ada lagi parkir ganda di Kota Tapis Berseri ini.

“Hal ini sudah terjadi bertahun-tahun, dan walaupun sudah diadakan solusi bahkan hearing, tetapi prakteknya masih tetap terjadi sampai saat ini,”ungkap Politisi Hanura ini.

Terpisah, Plt Kepala Dishub Bandarlampung , Ahmad Yulivan mengatakan, pihaknya telah memanggil koordinator parkir pasar tengah terkait hal tersebut, sebab memang ada aduan yang masuk mengenai pungutan parkir  ganda di kawasan tersebut.

“Hari ini (Kamis) saya sudah panggil koordinatornya terkait masih adanya parkir ganda, dan saya sudah tegaskan agar masyarakat selalu mengadu ke kantor Dishub bila terjadi seperti itu,”ujar Yulivan.

Ia menambahkan, memang selama ini ada petugas parkir yang berada dilingkungan dalam pasar tengah, yang mana tugasnya adalah untuk mengatur kendaraan yang terparkir.

“Tetapi kalau mereka minta duit, jelas tidak dibolehkan, dan hal tersebut masuk ranah Pungli. Saya akan sanksi tegas sampai pemecatan bila ketauan seperti itu,” tegasnya.

Oleh karenanya, Yulivan yang baru dua bulan menjadi Plt Kepala Dishub ini mengatakan, akan menempatkan satu tim pengawas independen yang bertugas mengawasi sistem perpakiran di kawasan pasar tengah.

“Saya akan tempatkan tim untuk mengawasi, tim ini akan bertugas secara sembunyi-bunyi., dan ditugaskan untuk mengawasi juru parkir yang nakal,” tandasnya. (jef/hkw)