The Power of Sosmed, Wanita Asal Tanggamus Melahirkan Bayi di Bakauheni tanpa Didampingi Suami

SELAMAT DAN SEHAT: Meski melahirkan sesaat ketika naik kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, Entin Hartini (45) dan bayinya, kini dalam kondisi sehat. (Foto: IST)

 

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG SELATAN – Kejadian mengharukan terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Senin (26/3). Seorang ibu bernama Entin Hartini (45), warga RT 002/RW 002 Pekon Tanjungkurung, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, melahirkan dengan selamat melahirkan seorang bayi.

Meskipun belum jelas jenis kelamin bayinya, namun yang pasti si ibu beserta si bayi, dalam kondisi sehat. Wanita kelahiran Kota Bandung itu, kini bersama bayinya yang baru dilahirkan beserta putranya, Enji (8) berada di Pusat Kesehatan Masyarakat Bakauheni, Lampung Selatan.

BER-KTP TANGGAMUS: Inilah KTP Tanggamus atas nama Entin Hartini. (Foto: IST)

Perjuangan antara hidup dan mati seorang ibu saat proses melahirkan bayinya di Pelabuhan Bakauheni, mendadak viral di sosial media (sosmed) Instagram, nama akun mr.asal_jepret. Akun tersebut juga membubuhkan hastag (tagar) brakingnews dan hastag infobakauheni. Peristiwa tersebut juga di-posting oleh pemilik akun WhatsApp bernama Wak Katam.

Selain beberapa foto Entin dan bayinya yang baru lahir, juga tertera caption (keterangan foto), bahwa ibu tersebut berasal dari Kabupaten Tanggamus. Dalam caption-nya masing-masing, baik akun Instagram mr.asal_jepret maupun akun WhatsApp Wak Katam, sama-sama menyebutkan bahwa Entin meminta bantuan pada siapapun untuk menghubungi suaminya yang bernama Jamra. Sebab, Entin tidak membawa alat komunikasi dan lupa nomor telepon suami atau keluarganya yang di Tanggamus maupun di Bandung.

DIBANTU PETUGAS POLAIR: Entin Hartini kini sudah berada di Puskesmas Bakauheni berkat bantuan sesama penumpang dan personel Polair. (Foto: AYP)

Kabar viral itu, dikuatkan dengan foto Kartu Tanda Penduduk atas nama Entin Hartini. Di sosmed juga disebutkan, suami Entin Hartini bernama Jamra. Keterangan itu didapatkan dari Entin. Ia sendiri bersama putranya yang diperkirakan berusia delapan tahun, bisa sampai di Pelabuhan Bakauheni, lantaran sedang dalam perjalanan menuju ke Kota Bandung.

DI-POSTING DI INSTAGRAM: Inilah tampilan screenshot posting-an akun Instagram mr.asal_jepret yang menginformasikan seorang ibu asal Tanggamus melahirkan di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: IST)

Sekitar pukul 09.00 WIB hari Senin (26/3), Entin bersama putra dan janin usia tuanya, berangkat dari Kecamatan Wonosobo. Namun tidak disebutkan, kendaraan apa yang ditumpangi mereka sampai akhirnya tiba di Bakauheni. Waktu pastu Entin melahirkan bayinya pun, juga tidak disebutkan pada caption foto yang mendadak viral di sosmed itu.

DI-POSTING WAK KATAM: Inilah tampilan screenshot pesan WhatsApp akun Wak Katam yang menginformasikan kabar seorang ibu asal Tanggamus melahirkan di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: IST)

“Katanya Bu Entin ini, rencananya mau melahirkan di Bandung. Di rumah orang tuanya. Tapi waktu masih sampai di Pelabuhan (Bakauheni), ternyata dia sudah keburu melahirkan. Dia dibantu ibu-ibu sesama calon penumpang kapal feri menjalani proses persalinannya dengan lancar. Nggak lama kemudian, datang petugas Polair dan petugas medis. Sekarang mereka ada di Puskesmas Bakauheni. Bagi yang kenal atau bisa menghubungi suaminya, tolong dihubungi ya. Suaminya atau keluarganya bisa hubungi nomor ponsel saya,” tandas Heri Junna yang berhasil dihubungi translampung.com dengan nomor ponsel 0812 7858 2021. (ayp)

News Reporter