Potensi Wisata di Rama Dewa

0
59
views

Mengkaji Potensi dan Masalah di Daerah

 

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG TENGAH– Visitor Diklat PIM II dari Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke dua kampung Lampung Tengah, Minggu (27/8). Visitasi tersebut dalam rangka mengkaji potensi daerah di dua kampung tersebut, yakni Kampung Rama Dewa dan Rukti Harjo Kecamatan Seputihraman. 

 

Ketua rombongan visitasi, Sigit Sumarhaenyanto menerangkan kunjungan di Lampung Tengah dalam rangka mengkaji potensi dan permasalahan di daerah yang nantinya hasil kajian tersebut diserahkan ke pemerintah kabupaten sebagai bahan rujukan dalam membuat kebijakan. 

 

“Visitasi bertujuan untuk mendalami apa saja permasalahan dan potensi yang dimiliki dua daerah di Lampung Tengah. Hari ini kami telah mengunjungi Kampung Rama Dewa dan Rukti Harjo untuk melihat langsung kondisi kedua kampung tersebut,” ungkapnya. 

 

Dari hasil kunjungan tersebut akan didiskusikan para seluruh peserta lalu hasilnya akan diserahkan kepada bupati untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dalam penentuan kebijakan pemerintah. Peserta visitasi terdiri dari beberapa elemen mulai dari kementerian, kepolisian dan perwakilan pemerintah daerah.

 

“Sejauh ini yang kami lihat dari Kampung Rama Dewa sangat berpotensi untuk menjadi kampung wisata. Masyarakatnya didominasi Bali yang aktif dengan kesenian dan ritual agama Hindu yang begitu kental. Tentunya ini bisa menjadi potensi yang kita kembangkan sebagai objek wisata,” ujar dia.

 

Sementara di Kampung Rukti Harjo, potensi yang layak dikembangkan adalah UMKM khususnya dengan dilaunchingnya Kampung KECe. “Dengan melihat dan mengkaji secara langsung, mudah-mudahan nantinya dapat memberikan alternatif dan solusi pemecahan masalah terhadap potensi maupun permasalahan yang ada di dua kampung tersebut,” tandasnya.

 

Sementara itu Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa menyatakan bahwa dirinya menyambut baik kunjungan peserta Diklat PIM II Jawa Tengah. Diharapkan kunjungan tersebut bisa memberikan manfaat bagi Lampung Tengah khususnya bagi perkembangan Kampung Rama Dewa dan Rukti Harjo.

 

“Saya sangat menyambut baik. Mudah-mudahan dari hasil kajian yang dilakukan kawan-kawan Diklat PIM bisa membantu kami pemerintah daerah dalam membuat arah kebijakan yang terbaik bagi kampung Rama Dewa dan Rukti Harjo,” pungkasnya.(*)