Potensi Daerah Sungai Harus Dioptimalkan

0
300
views

WAKIL Gubernur Lampung Bachtiar Basri beserta jajaran menggelar rapat guna menginventarisasi dan mengoptimalkan pengembangan Potensi Daerah Aliran Sungai, di ruang kerja Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (23/3).

Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Ekbang, Dirjen Sungai Kementerian PUPR, Dirjen Bina Pengembangan Sumber Daya Alam PUPR, kepala Balai Besar Wilayah Mesuji, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Seputih, Kepala Konservasi Sumber Daya Alam, dan Kepala Dinas/Istansi terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Lampung mendengarkan pemaparan hasil study yang dilakukan oleh tim riset mengenai pengembangan kawasan pertumbuhan baru Timur Lampung.

Hasil study tim riset menunjukkan, Provinsi Lampung memiliki potensi perairan yang sangat strategis untuk dikembangkan salah satunya way seputih.

Sungai way seputih sebagai sumber dan sentral pengembangan kawasan pertumbuhan baru Timur Lampung dan telah ditetapkan sebagai wilayah sungai strategis nasional tahun 2012. Letaknya dekat dengan alur laut kepulauan indonesia I, (ALKI) sejauh 50 mil laut.

“Way seputih dapat dijadikan salah satu terobosan pembangunan terpadu antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai TOL laut. Nantinya dapat digunakan untuk mengangkut hasil industri dan hasil Alam di daerah Tulangbawang dan Lampung Tengah,” ujar Wagub.

Study menunjukkan dengan koordinasi semua stakeholder yang ada pembangunan way seputih tidak hanya terbatas pada pembangunan infrastruktur Tol laut tetapi juga dapat mencakup pengembangan pariwisata perairan.

Hal ini tentunya akan memiliki berbagai efek positif bagi keberhasilan Provinsi Lampung dalam menyongsong indonesia sebagai poros maritim dunia, pengembangan industri di sekitar dan peningkatan kegiatan ekonomi kerakyatan. pada akhirnya bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat setempat.(*)

LEAVE A REPLY