Pondasi Terkikis, Satu Ruko Nyaris Ambruk

0
500
views

TRANSLAMPUNG.COM, KOTABUMI-Ruko yang terletak di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan Pos Polisi Kota, Kotabumi mengalami ambruk di bagian teras depan lantai 2. Kejadian yang terjadi pada Jumat (24/2) malam sekitar pukul 19.00 WIB sontak menjadi tontonan masyarakat setempat.

Dari pantauan dilokasi, Gedung tersebut runtuh dibagian teras depan lantai dua, dan badan gedung mulai terlihat miring dan retak, tidak mau ambil resiko, melihat itu pihak kepolisian langsung memasang police line, agar masyarakat tidak mendekati gedung tersebut.

Menurut informasi yang didapat, penyebab runtuhnya bagian depan Ruko Kabita 2 Cell, kemungkinan diakibatkan oleh terkikisnya gorong gorong saluran air dibawah ruko, yang membuat gedung bergerak, dan ini juga bangunan tua.

“Allhamdulillah tidak ada korban jiwa, dan ini memang dari hujan deras kemarin malam, menurut warga kita disini, memang ada suara braak, ketika dilihat ternyata ada dinding bagian depan yang retak,” jelas Lurah Kotabumi Udik Desputra.

“Mungkin karena terkikisnya gorong-gorong dibawah yang menyebabkan pondasi gedungbergerak, ditambah lagi dengan getaran mobil yang lewat, kemungkinan itulah yang membuat runtuh bagian depan gedung,” ucap Desputra.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Samsir yang langsung melihat kejadian tersebut mengatakan, secepatnya kita akan turunkan Tim untuk menangani ini, namun sebelumnya akan ditanyakan dahulu ini kepada pemiliknya, jangan sampai ketika dieksekusi pemiliknya tidak setuju.

“Nanti akan segera kita cek, apakah memang penyebabnya dari terkikis nya gorong gorong bawah, tapi yang terpenting kita selamatkan dulu, yang sudah mau rontok ini, karena akan berbahaya, mengingat gedung ini dipinggir jalan raya yang banyak kendaraan lewat,” ucapnya.

Nampak di lokasi Sekda Samsir, Kadis perhubungan, Kadis BLH Amran Yazid, Camat Kotabumi, Lurah Kotabumi Udik Desputra Adami, Kabid Tibum Sat Pol PP beserta anggota kepolisian yang mengamankan tempat kejadian.(eka)