Polres Waykanan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa

0
125
views

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – 

Kepolisian Resor Way Kanan melaksanakan sosialisasi pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa di Gedung Pesat Gatra Polres Way Kanan, Senin (30/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, Kepala Badan PMK Kab.Way Kanan, Selan yang diwakili Kepala Bidang Rosmawati, Para Kapolsek dan anggota Babinkamtibmas jajaran Polres Way Kanan,  serta seluruh kepala Kampung se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam arahannya Kapolres mengatakan, sosialisasi digelar bertujuan terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif dan efisien,  dalam mempercepat pembangunan dan meminimalkan penyalahgunaan dana desa serta penggunaa dana desa yang tepat sasaran.

“Tugas kepolisian terutama di lapangan adalah Babinkamtibmas Polres Way Kanan tentang pengelolaan dana desa hanyalah sebatas mengawasi dan melakukan pembinaan kepada kepala kampung yang mendapatkan dana desa. Pemberian tugas itu merupakan hasil kesepakatan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Kemendes PDTT Eko Sandjojo,” terang Doni

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menghimbau kepada para kepala kampung untuk bekerjasama dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa tersebut guna kemajuan suatu daerah dan tidak terjadi adanya penyimpangan atau pun pelanggaran didalam penggunaannya.

Sementara itu Kepala PMK mengatakan dengan adanya MOU kesepakatan antara pihak Polri dan Kemendagri bahwa saat ini  peran serta Polres Way Kanan dalam pengawasan penggunaan anggaran Desa diharapkan dapat dijalankan dengan baik dan meminimalisir adanya pelanggaran ataupun penyimpangan.

“Sehingga di Kabupaten Way Kanan ini tidak terjadi adanya tindak pidana Korupsi yang dilakukan oleh Kepala Kampung setelah adanya MOU atau kesepakatan ini,”harapnya. (Yudi)