Polres Periksa 6 Warga, Sekda Panggil 12 Instansi

Terkait Temuan Ladang Ganja di Tanggamus

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Sejak terungkap pada Kamis (8/3) lalu hingga Senin (12/3), Polres Tanggamus masih belum dapat menyingkap tabir misteri siapa pemilik ladang ganja di dekat Dusun Way Kadis, Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur.

Kapolres Tanggamus Ajun Komisaris Besar Polisi Alfis Suhaili, melalui Kasatres Narkoba Iptu. Anton Saputra mengatakan, sejauh ini polisi sudah memeriksa dua saksi dan empat warga Dusun Way Kandis Pekon Kampung Baru.

“Sudah kami lakukan penyelidikan terhadap dua saksi. Hasilnya mereka tidak terlibat. Dan memeriksa empat warga terdekat lainnya, mereka juga mengaku tidak tahu,” ujar Anton Saputra, Senin (12/3).

Namun ia mengaku masih terus melakukan pengawasan terhadap warga lainnya. Sebab tidak mungkin kebun ganja tersebut ada, tanpa keterlibatan warga sekitarnya.

”Jadi kami terus awasi warga lainnya juga. Tidak mungkin dari luar, tiba-tiba ada (tanaman ganja) di situ dengan luas sekitar 800 meter persegi,” jelas Anton lagi.

Lalu terkait kemungkinan adanya kebun ganja lainnya, Anton mengaku untuk lokasi terdekat sekitar kebun ganja yang kemarin dibongkar, sudah disisir oleh Kapolres Tanggamus bersama tim gabungan.

”Kami kemarin juga lewat jalur berbeda dengan rombongan Pak Kapolres, untuk menyisir kalau ada kebun lain. Hasilnya tidak ditemukan lagi yang lainnya. Jadi di sekitar lokasi kemarin, ya hanya ada di situ,” tegas kasatres narkoba.

Terpisah, Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili menjelaskan, polres akan bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk melakukan upaya pencegahan adanya kebun ganja di lokasi lain.

”Kami menyarankan Pemerintah Daerah Tanggamus untuk menginventarisir lahan, termasuk kondisi hutan. Melakukan dialog dengan para petani dan penggarap lahan, sambil melakukan inventarisasi lahan-lahan yang ada apakah semuanya tergarap dengan baik atau sebaliknya,” jelas Alfis Suhaili seraya menuturkan itu sebagai upaya Polres Tanggamus untuk menghindari adanya kebun ganja di lokasi lain. (ayp)

 

News Reporter