. . .

Polres Metro Gencar Berantas Peredaran Narkotika

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Tingkat penyalahgunaan narkotika di Kota Metro semakin menjadi. Tercatat dalam kurun waktu satu bulan pada bulan Maret tahun 2018 ini sudah 17 tersangka yang ditangkap oleh Polres Kota Metro.

Satresnarkoba, AKP Fredy Aprisa Putra mengatakan, ke-17 tersangka adalah pengedar shabu-shabu.

Penangkapan tersebut dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Metro. Terhitung dari delapan Maret hingga 31 Maret.

“Dari penangkapan tersebut kita berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 10,11 gram,” jelas AKP Fredy, Kamis (5/4).

Ke-17 tersangka yang diamankan adalah pengedar dan pemakai ataupun baru coba-coba.

Mereka hanya pengedar sekaligus pemakai, jadi bukan mereka bandarnya. Modelnya kalau ada yang pesan, mereka langsung ambil barangnya di bandar mereka,” tuturnya.

Dari penangkapan tersebut, diperkirakan 17 tersangka masuk dalam bandar yang berbeda-beda.

Menurutnya, paket sabu-sabu didapatkan dari bandar yang berbeda-beda.

“Jadi 17 tersangka ini bukan masuk dalam satu bandar. Kita perkirakan dari keterangan tersangka, mereka masuk dalam enam bandar berbeda. Yang perlu digaris bawahi, semua bandar-bandar tersebut tidak ada yang berdomisili di Kota Metro,” tegasnya.

Dari ke-17 tersangka tersebut, berikut inisialnya, ED (31), AM (38), AN (28), YG (33), al (32), AND (33), Ma (36), AG (38) PAU (43), AG (25), JK (40), MUQ (24),He (34), SO (21), TA (27), SRI (44), DWI (46).

Ke-17 tersangka tersebut mayoritas warga Kota Metro. Sasaran dari para pengedar sediri mayoritas usia lulus sekolah menengah pertama.

Tersangka akan dikenakan Pasal 112 dan pasal 114 UU Narkotika.

“Jadi ke-17 tersangka ini berbeda-beda ancaman pasalnya. Intinya kita kenakan pasal 112, dan pasal 114. Ancaman terberatnya itu untuk pengedar lima tahun penjara minimal, hingga maksimal hukuman mati. Sedangkan pengguna, minimal itu kurungan penjara empat tahun,” jelas AKP Fredy.

AKBP Umi Fadilah Astutik mengaku bangga dengan pencapaian Kasat Resnarakoba, AKP Fredy sudah mampu menunjukan kinerja yang baik dalam kurun waktu satu bulan ini. (suf/hkw)