. . .

Polisi Temukan Ponsel di Ruang Tahanan Ratna Sarumpaet

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Jajaran Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya melakuan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya pada Minggu (7/10). Dari razia itu, polisi menemukan sebuah telepon seluler (ponsel) di sel aktivis Ratna Sarumpaet.

Direktur Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas menyampaikan, selain di ruang sel Ratna, polisi juga menyita sebuah ponsel di ruang tahanan lain. “Ada dua HP yang kita sita. Satu di selnya Ratna sama ada tahanan di sel lain,” kata Barnabas, Selasa (9/10).

Walaupun ditemukannya di sel Ratna, namun polisi memastikan jika ponsel tersebut bukan milik ibunda dari artis Atiqah Hasiholan. Ponsel tersebut milik tahanan yang berada di satu sel bersama Ratna. “HP yang disita bukan milik dia (Ratna), milik tahanan lain. Ya langsung kita musnahkan ya, memang standarnya begitu,” ucapnya.

Barnabas juga menyampaikan, jika sidak terhadap tahanan di Polda Metro Jaya memang rutin digelar. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penyelundupan barang ke dalam penjara. “Iya benar. Itu memang prosedur yang standar. Emang sering,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menambahkan, penggeledahan ini dilakukan bukan karena beredar kabar Ratna Sarumpaet melakukan ‘kicauan’ di media sosial. Namun, penggeledahan rutin dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Operasi di dalam sel biasa. Nggak masalah itu. Jangan sampai nanti ada sajam, hp kan nggak boleh. Itu wajar. SOP-nya kan begitu,” kata Argo di Polda Metro Jaya.

Namun, Argo tidak membantah sel tahanan Ratna ikut diperiksa. “Enggak, SOP-nya begitu. Semuanya interval kita geledah. Selnya Ibu Ratna tidak sendiri. Banyak temen-temannya. Itu adalah SOP dari Dirtahi. Itu bukan hanya Ibu Ratna saja. Kemarin semua sudah kami lakukan juga. Tidak boleh bawa sajam, hp tidak boleh,” pungkasnya.(AF/FIN/tnn)