Polisi Belum Umumkan Penyebab Kebakaran

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Kebakaran sejumlah Tempat Penampungan ‎Sementara (TPS) Pasar pulung kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Apakah murni musibah, ataukah teguran bak murkanya Allah pada hambanya.

‎Hal tersebut pasca kali kedua kembali terjadi kebakaran di pasar pulung setempat pada (9/8/2018) pukul 15:30 Wib. Yang sebelumnya pada awal tahun 2018 beberapa bulan lalu terjadi hal serupa, dengan dugaan dampak konsleting arus pendek listrik di pasar tersebut.

Jika demikian, dapat diduga kebakaran itu adalah musibah, namun sumber mulanya kebakaran patut didalami oleh jajaran kepolisian khusunya polda Lampung. Sebab kelalaian dan kesalahan yang sama dari konsleting arus pendek listrik ‎patut dipertanyakan.

Menanggapi itu, Kapolsek Tulangbawang Tengah Kompol. Zulpikar.M.,SH mendampingi Kapolres Tulang Bawang ‎AKBP Raswanto menyatakan. Setelah melakukan idetivikasi berikut alat bukti pun keterangan saksi, penyebab sumber api kebakaran tersebut bermula dari arus pendek listris pada salah satu kios di pasar setempat.

‎” penyebab kebakaran ini bersumber dari arus pendek listris yang ada pada salah satu kios penjual boneka dan emas. OLeh karenanya, kami minta kepada seluruh pedagang agar dapat selalu berhati-hati.” Katanya.

Sementara‎ sejauh ini Pemkab Tubaba telah mengambil langkah proaktif dengan dan segera melakukan rehabilitas pembangunan TPS menggunakan anggaran sebesar Rp 1 M, dari APBD-P mendatang.

” Hasil kesepakatan bersama kita akan rehab kembali TPS itu menggunakan Anggaran yang akan di masukkan dalam APBD-P nanti.‎” Imbuhnya.

Bedasar pantauan Translampung‎.com, rehabiltas TPS pasar pulung kencana dalam kurun waktu tahun 2018 telah dua kali dilakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran APBD murni dan Perubahan mencapai Rp 2 Miliar. (Dirman)

News Reporter
Kepala Biro Tulangbawang Barat