Polisi Bekuk Dua Penodong di Area Batu Tegi

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Dua pria yang selama ini kerap membuat resah pengunjung Bendungan Batu Tegi, Tanggamus, sudah berhasil dibekuk tim gabungan Polsek Pulaupanggung dan Talangpadang. Dua tersangka aksi pencurian dengan kekerasan berupa penodongan itu adalah Herwansyah (24) dan Tobri (22). Keduanya warga Pekon Tanjungheran, Kecamatan Pugung, Tanggamus.

Kapolsek Pulaupanggung AKP Budi Harto menerangkan, komplotan tersebut ditangkap atas laporan korban curas di area Taman Wisata Bendungan Batu Tegi, Nuriya Nopiyatul Khumairoh (17). Korban merupakan warga Kecamatan Ulubelu.

”Herwansyah ditangkap di Pekon Madaraya, Kecamatan Pagelaran Utara, Pringsewu sekitar pukul 03.00 WIB hari ini (15/3). Dari hasil pengembangan, kami kembali menangkap Tobri di rumahnya di Pekon Tanjungheran sekitar pukul 05.00 WIB,” jelas Budi Harto melalui sambungan telepon, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili.

Penangkapan tersebut, lanjut kapolsek, berdasarkan penyelidikan laporan korban curas pada tanggal 5 Desember 2017. Kronologis aksi curasnya, berawal saat korban berada di tempat kejadian perkara yaitu area Taman Wisata Bendungan Batu Tegi. Tiba-tiba korban didatangi kedua pelaku dan langsung menarik dan mengambil paksa tas korban yang berisi 3 HP dan 1 kamera yang dipegang korban. Kemudian para tersangka kabur menggunakan sepeda motor.

”Aksi curas ini sendiri terjadi pada Jumat (1/12/17) sekitar pukul 13.30 WIB, ketika korban bersama teman-temannya berada di TKP. Namun baru melaporkan ke polisi pada tanggal 5 Desember 2017. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp.8,5 juta,” papar Budi Harto.

Dari penangkapan terhadap dua penodong itu, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit smartphone Oppo Neo 7, 1 unit smartphone Samsung J1-Ace, 1 unit kamera Sony, dan sepeda motor Yamaha Force-1 yang digunakan beraksi.

”Saat ini, kedua pelaku dan barang bukti ditahan di Mapolsek Pulaupanggung. Atas perbuatannya, dua tersangka diganjar Pasal 365 KUHPidana tentang Curas, dengan ancaman penjara maksimal sembilan tahun,” tandas Budi Harto. (ayp)

 

 

News Reporter