PMR Waykanan Ikut Serta Pelatihan di Provinsi Lampung

0
817
views

Dalam rangka meningkatkan Pembinaan PMR, PMI Provinsi Lampung menggelar Pelatihan ToF PMR Se-Provinsi Lampung. Kegiatan dilaksanakan selama 6 (enam) hari, yakni dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 22 April 2016 bertempat di Markas PMI Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 33 Peserta yang berasal dari PMI Se-Provinsi Lampung.

Tujuan dilaksanakan pelatihan ToF ini adalah Meningkatnya pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi Staf Markas, Pembina PMR dan Fasilitator PMR dalam mengimplementasikan Manajemen PMR PMI sekaligus dapat Menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) dalam hal Pembinaan dan Pengembangan PMR di sekolah.

Sistem pembinaan dan pengembangan untuk PMR berpedoman pada Manajemen PMR PMI, dimana pedoman tersebut memuat tentang Siklus Manajemen PMR. Bentuk aplikasi dari isi pedoman tersebut adalah perekrutan, Pelatihan, Tri Bakti PMR, Pengakuan dan Penghargaan serta Monitoring dan Evaluasi dan Pelaporan. Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan Tof PMR ini peserta mampu mengaplikasikan isi pedoman tersebut.

Pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR ini diikuti 33 orang peserta yang berasal dari PMI Kabupaten/Kota se-Lampung, dengan didukung oleh 1 orang Pelatih PMI Pusat dan 2 orang fasilitator PMI Provinsi Lampung.

“Gubernur Lampung meminta kita mengembangkan PMR di semua sekolah di Provinsi Lampung, untuk menyingkapi harapan Gubernur Lampung perlu pelatihan fasilitator guna memfadilitasi PMR di sekolah” kata I.S. Bunari M.Sc selaku Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Pembinaan Lembaga PMI Provinsi Lampung.

“Pengurus PMI Povinsi Lampung juga meminta kepada peserta untuk menghargai waktu selama pelatihan, menyusun dan melaksanakan rencana kerja tindak lanjut pembinaan PMR di Kabupaten/Kota masing-masing” I.S Bunari yang juga merupakan Mantan Danlanal Lampung Kolonel Laut.

Salah satu peserta dari PMI Kabupaten Way Kanan merasa bangga dapat berpartisipasi pada kegiatan pelatihan ini, “melalui pelatihan fasilitator pembinaan PMR saya dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam pembinaan PMR serta bertekad menghidupkan PMR di sekolah-sekolah terkhusus Kabupaten Way Kanan” kata Tiurma Laeris Rullita, S.Pd selaku Pembina PMR Unit 03 SMAN 2 Negeri Agung.

“Semoga PMR Way Kanan bisa semakin maju, aktif dalam kegiatan-kegiatan PMI dan dapat lebih efektif dalam melaksanakan Tri Bakti, serta dapat berdaya saing baik dilingkup kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional,” harap sukarelawan PMI Kabupaten Way Kanan Tiurma Laeris Rulita. (Fw)

LEAVE A REPLY