. . .

PMI Lambar Gelar Pelatihan Peringatan Dini

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gelar Pelatihan sistem Peringatan Dini berbasis masyarakat bagi Staf dan Relawan di bidang Kesiapsiagaan Bencana.

Ketua PMI Lambar, Drs. H. Adi Utama ,MM., saat membuka secara resmi Pelatihan Aksi Dini PMI Lambar mengatakan, ini salah satu rangkaian dari Program Peratama Kerjasama PMI Lambar dengan Palang Merah American Red Cross.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari kedepan di hotel Rosa losmen ono, seyogyanya sebagai wadah Staf dan Relawan dalam pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat kerjasama.

Selain itu, sudah satu tahun berjalan ini PMI Lambar bekerja sama dengan PMI American Red Cross juga untuk misi kemanusiaan, untuk menunjang salah satunya Desa Tangguh Bencan (Mitigasi).

Tiga Desa binaan PMI Lambar saat ini yaitu, Desa Sukamarga dan Desa Tugu Ratu, Kecamatan Suoh serta Desa Ujung, Kecamatan Lumbok Seminung.

Sebagai Desa Taguh Bencana nantinya harus dilakukan dengan tahapan-tahapan mulai dari Pembekalan Korps Sukarela (KSR), Relawan dan Masyarakat dengan penyuluhan dan pelatihan.

“Langkah awal yaitu Pemetaaan Desa, Pembekalan kerentanan hingga penguatan kapasitas,” jelasnya. (safri)