Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 PLUT Dukung Kebeadaan Koperasi dan UKM -
PLUT Dukung Kebeadaan Koperasi dan UKM

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Lampung bakal menerapkan kampung digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Satria Alam mengatakan, pembangunan gedung PLUT secara umum sudah terselesaikan. Di mana dalam waktu dekat, akan diresmikan.

”Sudah siap kok. Dalam waktu dekat ini akan ada peresmian rencananya akan dihadiri oleh Pak Menteri,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung ini mengatakan satu PR yang masih dikerjakan adalah mengenai meubler untuk kepentingan kegiatan di PLUT.

”Untuk meublernya, akan dilakukan tahun ini. Intinya tidak lewat dalam semester ini. Karena PLUT sudah dari Kementerian maka Pemprov dibebankan melalui APBD,” jelasnya.

Satria mengatakan dalam PLUT nanti direncanakan akan digunakan sebagai wadah bagi koperasi dan UKM, untuk melakukan berbagai hal. Diantaranya, melakukan pertemuan informasi produk jenis, dan pemasaran.

”UKM ini kan selama ini hanya bisa memproduksi saja. Namun wadahnya masih belum tersedia untuk memasrkan. Jadi di PLUT ini menjadi wadah baik proses, soal harga dan pemasarannya juga di sana,” jelasnnya.

Dijelaskan dia, nantinya Pemprov akan membuat kebijakan semacam kewajiban dari Kabupaten/Kota dalam mengisi kegiatan diPLUT secara berkala. Sasarannya adalah untuk pengembangan dan pengegenalan produk di masing-masing daerah.

”Jadi, dalam satu tahun anggaran tempat itu tidak pernah sepi, Cuma memang yang menjadi ruusan saat ini adalah ketika sudah berjakan namun ada pihak yang memesan barang secara masal” jelasnya.

Nantinya juga dalam pelaksanaanya menggandeng Bank Indonesia dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) untuk pelaksanaan PLUT ini. Di mana, dengan melakukan pelatihan-pelatihan.

Pembangunan PLUT saat ini sedang berjalan dengan anggaran Rp3,8 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapata‎n Belanja Negara (APBN) TA 2016.

Menurutnya, dengan kesiapan ini, pusat menargetkan pengerjaan pelaksanaan Gedung ‎PLUT tersebut rampung tahun ini.

Diharapkan PLUT bisa menjadi tempat pelatihan dan pendampingan, yang memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM yang ada.          “‎Muaranya, ya memang kepada pembentukan UMKM yang bisa berdaya saing. Nah, disini nanti ada pelatihan, bisa menjadi pusat kreasi temen-temen juga,” tuturnya.

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Lampung Budi Yuhanda mengatakan, mendukung dengan keberadaan PLUT ini, sebab akan menjadikan Koperasi dan UKM yang berdaya saing.

Yang terpenting adalah, dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jangan sampai tidak digunakan.

”Karena, sudah ada wadah, dan ini merupakan tanggungjawab dar Dinas Koperasi. Agar bisa memliki SDM yang erdaya saing,” kata dia. (tnn)

 

News Reporter