Plt. Walikota Sambangi Korban Longsor

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Plt Walikota Bandarlampung, M Yusuf Kohar, menjalani sidak bencana yang pertama dimasa jabatannya, Selasa (20/2).

Ia juga mesti berjalan kaki untuk sampai di lokasi bencana, lantaran rutenya tak dapat dilalui kendaraan. Yusuf Kohar menyambangi lokasi longsor yang terjadi di Jalan Dr Warsito, Gang Rajabasa Utama, Kupang Kota, Telukbetung Utara, yang sempat menutup aliran sungai dan merusak 3 rumah warga.

Dalam sidaknya, Yusuf Kohar menyambangi satu persatu rumah warga yang rusak akibat peristiwa itu. Ia pun mengaku, telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk segera memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada korban bencana.

“Saya mengucapkan turut berdukacita cita kepada para korban. Saya juga sudah koordinasi, jadi nanti ada bantuan berupa sembako untuk korban dari Dinsos,” ujar Kohar saat sidak.

Sebelumnya, Kohar juga sempat marah setelah mendapatkan laporan dari warga, bahwa bantuan tersebut harus diambil oleh warga di Kantor Dinsos.

“Ya mana bisa seperti itu, bantuannya harus diantar ke korban,” tutupnya.

Pasca peristiwa longsor tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengerukan tanah longsor secara manual, lantaran alat berat yang memang tidak dapat menjangkau lokasi.

Menurut Kasi Tanggap Darurat, BPBD Bandarlampung, Sutarno mengatakan bahwa 30 personil telah diterjunkan sejak Senin (19/2) malam. Karena Medan yang cukup sempit, hingga kini pengerukan sungai yang tertimbun longsor masih dilakukan secara manual.

“Kita sudah terjunkan 30 personil sejak Senin malam. Ini masih kita gedur terus, namun personilnya bergantian,” ujar Sutarno saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut M Yani salah seorang warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut, peristiwa itu terjadi pada Senin sore sekiranya pukul 17.30, saat hujan deras mengguyur Kota Tapis Berseri.

Akibat kejadian tersebut, 3 rumah warga sempat terendam banjir dan mengalami kerusakan. (jef/hkw)

News Reporter