Plt. Walikota Perintahkan Pol PP Kembali Pada Tupoksinya

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bandarlampung,  merubah kebijakan tugas Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Bandarlampung yang selama ini membagikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke rumah warga. Hal ini ditegaskan dia, saat melakukan rapat koodinasi di gedung Semergou, belum lama ini.

Menurut Yusuf Kohar,  tugas Pol PP adalah menjaga ketertiban dalam mengawal Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku di Bandarlampung.

“Kalau membagikan KTP ke rumah warga itu adalah tugas Kecamatan dan Kelurahan,  jadi Disdukcapil hendaknya berkoordinasi dengan Camat dan Lurah setempat guna membagikan KTP warga yang sudah tercetak, kalau Pol PP yang membagikan, banyak yang tidak mengetahui alamat pemilik KTP, kalau Lurah dan Camat kan dia yang punya wilayah.  Jadi tahu,” jelas Yusuf Kohar.

Dan saat ini, dirinya meminta untuk Satpol PP kembali kepada tugas pokok dan fungsinya dengan menjaga ketertiban di semua pasar yang ada di Bandarlampung.

Mengenai nantinya, sambung dia, jika ada petugas dari Kelurahan atau petugas RT yang minta sejumlah uang kepada masyarakat saat mengantar KTP ke warga.  Yusuf Kohar meminta kepada Camat dan Lurah untuk bersikap tegas dengan memberhentikan petugas atau RT yang kedapatan melakukan pungli tersebut.

Sementara,  Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung,  A. Zainudin  menyambut baik kebijakan yang diberikan oleh Plt. Walikota.

“Kalau kita nggak ada masalah, karena memang kebijakan seperti ini sudah pernah kita lakukan, dan tugas Disdukcapil hanya mencetak kemudian kita serahkan ke masing-masing Kecamatan, untuk kemudian pihak Kecamatan berkoordinasi dengan Lurah dan seterusnya Lurah menyerahkan ke masing-masing RT,” kata Zainudin. (jef/hkw)

News Reporter