Pleno PPK Dimulai, Pekan Depan Pleno KPU

0
701
views

TRANSLAMPUNG.COM – Rapat pleno penghitungan dan penetapan suara pilkada tingkat kecamatan dimulai kemarin. Sementara pleno tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten ditargetkan pada 22-24 Februari.

Delapan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari sembilan kecamatan di Pringsewu mulai menggelar pleno. Ketua PPK Pagelaran Ahmad Zaelani mengatakan, pleno dijaga ketat aparat kepolisian. Juga disaksikan saksi dari ketiga paslon, yakni nomor urut 1 Ardian-Arimbi, nomor urut 2 Sujadi-Fauzi, dan nomor urut 3 Siti Rahma-Edi Agus Yanto.

’’Setelah di-cross check hasil perolehannya dan disetujui, baru dilanjutkan dengan TPS lainnya,” ucap dia kemarin seperti dilansir dari radarlampung.co.id (grup translampung.com).

Ketua KPU Pringsewu Andoyo M.TI mengatakan PPK sudah mulai menggelar rapat pleno. Menurutnya delapan PPK sudah mulai menggelar rapat pleno. Hanya PPK Gadingrejo yang baru mulai menggelar pleno hari ini (17/2). “Harapannya dalam tiga hari semua PPK sudah merampungkan rapat pleno,” ungkapnya, kemarin.

Setelah selesai di tingkat PPK baru diteruskan ke KPU Pringsewu. “Untuk penyimpanan kotak suara di gudang PPK dijaga oleh petugas keamanan,” tegas Andoyo.

Terpisah, pleno PPK di Mesuji juga dimulai, kemarin. Komisioner KPU Mesuji Imani mengatakan, sesuai tahapan pelaksanaan pilkada bahwa setelah pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil di PPS dilanjutkan pleno di tingkat kecamatan dan terdapat lima kecamatan di Mesuji yang melakukan pleno rekapitulasi perhitungan hasil pemilihan.

“Setelah pleno kecamatan selesai, pleno akan dilanjutkan ke KPU kabupaten pada 22 -23 Februari mendatang. Setelah itu akan ditetapkan pemenang pilkada,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, lima kecamatan yang melaksanakan pleno kemarin yakni Mesuji, Mesuji Timur, Tanjung Raya, Simpang pematang dan Pancajaya. Sedangkan hari ini pleno kecamatan Way Serdang dan Rawajitu Utara.

”Pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan hasil pilkada di lima kecamatan yang ada di Mesuji berlangsung aman dan kondusif,” pungkasnya. (sag/cw5/c1/gus)