PKPAnya Harus Selektif

0
118
views
Agusman Candra Jaya, SH,MH

TRANSLAMPUNG.COM -Profesi advokat mengemban tanggungjawab mulia. Karena itu, seleksi pendidikannya harus benar-benar selektif agar lahir advokat-advokat yang kompeten sesuai palsafahnya.

” PKPA nya tidak bisa asal, mulai dari proses rekrutmennya harus selektif. Ini profesi mulia,jadi jangan asal pendidikan-pendidikan aj”,kata Agusman Candra, SH,MH Selasa (11/7).

Menurut Agusman, ada yang perlu dikoreksi dari pendidikan advokat yang selama ini dilaksanakan oleh organisasi advokat. Misal katanya, terlalu seringnya diadakan kegiatan itu tanpa memikirkan kualitas dari pendidikan advokat yang dihasilkan bisa berdampak tidak baik bagi kelangsungan profesi mulia ini.

“Masak dalam satu tahun saja yang ini melaksanakan dan yang lainnya juga ikutan juga. Ini kan jadi seolah-olah orientasinya sudah beda”, ungkapnya.

Agusman mengkritik keras organisasi advokat yang melaksanakn pendidikan hanya berorientasi profit, mengabaikan mutu dan kualitas para calon advokat yang dihasilkan.

” Orientasinya kan sudah beda. Kalau satu peserta 3,5 juta saja coba kalikan berapa orang kan sudah ketahuan jumlahnya. Uangnyapun entah kemana,” papar Agusman.

Kedepan lanjutnya, harus ada proses selektifitas dalam hal pendidikan ini guna melahirkan SDM advokat yang berkualitas.

” Kalau dulu profesi ini menjadi alternatif. Tapi sejak tahun 98, beralih menjadi pilihan karena begitu dibutuhkan. Namun sayangnya, malah organisasinya yang terpecah-pecah”, papar Agusman Candra. (la)