Pj. Gubernur Tunjuk Zainal Abidin sebagai Pj. Bupati Tanggamus

Pj. DAN Plh. BUPATI TANGGAMUS: Setelah dilantik Pj. Gubernur Lampung Didik Suprayitno sebagai Pj. Bupati Tanggamus Kabiro Adbang Zainal Abidin (jas putih) mengabadikan momen bersama Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya yang sempat menjabat Plh. Bupati Tanggamus sejak Kamis (15/2) lalu. (Foto: DISKOMINFOSANDI TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya sudah sejak Kamis (15/2) lalu merangkap jabatan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tanggamus. Itu terjadi lantaran Kementerian Dalam Negeri baru beberapa hari lalu melantik Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Didik Suprayitno. Setelah resmi bertugas di Bumi Ruwa Jurai, Didik Suprayitno bergerak cepat melantik Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adbang) Setda Provinsi Lampung, Ir. Zainal Abidin sebagai Penjabat Bupati Tanggamus, tadi (23/2) sore.

Seremoni pelantikan Zainal Abidin dipusatkan di Balai Keratun Komplek Pemprov Lampung. Tutur hadir Jajaran Forkopimda Lampung, Bupati/Walikota se-Lampung, Plh. Bupati Tanggamus Andi Wijaya, para Asisten, para Kepala Dinas, dan Camat se-Tanggamus.

Pj. Gubernur Lampung dalam sambutannya mengatakan, bahwa tadi sore merupakan hari bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanggamus. Sebab tadi sore telah dilantik dan diambil sumpah jabatan terhadap Pj. Bupati Tanggamus masa jabatan 2018 – 2019.

”Pelantikan ini merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Terlebih Pasal 201 Ayat 11, di mana untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati yang masa jabatannya telah berakhir, diangkat Penjabat Bupati yang berasal dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama,” papar Didik Suprayitno.

Kekosongan kursi kepimpinan BE 1 V terjadi, lantaran Samsul Hadi dengan sisa masa jabatan 2013 sampai dengan 2018 sebagai Bupati Tanggamus, telah berakhir masa jabatannya Kamis 15 Februari lalu.

Selanjutnya agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Tanggamus, Didik melanjutkan, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dilantiknya Penjabat Bupati.

”Oleh karena itu, kami mempercayakan tugas Penjabat Bupati Tanggamus kepada Saudara Ir. Zainal Abidin sampai dengan dilaksanakannya pemilihan serta pelantikan Bupati dan Wakil Bupati definitif Tanggamus,” tegas Didik lagi.

Kepada Pj. Bupati Tanggamus yang baru dilantik, Pj. Gubernur mengingatkan beberapa tugas Pj. bupati. Antara lain menyelenggarakan pemerintah di Kabupaten Tanggamus, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus, serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Saya ucapkan selamat kepada Pj. Bupati Tanggamus yang baru dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan diharapkan dapat menjalankan wewenang dengan baik serta menyelesaikan tugas-tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” harap Pj. Gubernur Lampung.

Pada kesempatan itu Didik juga menekankan, penjabat bupati bertugas meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan hubungan yang sesuai antar-daerah, dan memelihara serta menjaga keutuhan NKRI. Kemudian melanjutkan kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tanggamus sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik efektif dan efisien dan memelihara hasil-hasil pembangunan secara berkesinambungan.

”Terakhir, menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim kondusif antar-tatanan forkopimda dan konsolidasi dengan objek partai politik serta seluruh lapisan masyarakat. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Tanggamus dapat berjalan lancar,” tandas Didik. (ayp)

News Reporter