Pilkakam Serentak Tuba Tahun 2017 Dilaksanakan di 69 kampung

Translampung.com, MENGGALA-Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2017 akan melakukan pesta demokrasi tingkat Kampung se-Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) secara serentak.  Sebanyak 69 Kampung di 14 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Tulang Bawang, dijadwalkan akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) secara serentak.

” Pilkakam serentak akan dilaksanakan di 69 kampung yang ada di 14 Kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang tahun ini,” kata Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang, Holil usai melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Satuan Kerja (Satker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang terkait, Selasa (7/3).

Pada kesempatan itu, DPRD Tulang Bawang menggelar rapat antara lain bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung atau Kelurahan (DPMKK) Tulang Bawang, Bagian Tata Pemerintahan Sekdakab dan Bagian Hukum Kabupaten Tulang Bawang, untuk membahas persiapan pelaksanaan Pilkakam serentak tahun 2017 di Kabupaten Tulang Bawang.

Holil mengatakan, bahwa rencana Pilkakam akan dilaksanakan pada Juli 2017. Kemudian pelantikan Kepala Kampung yang terpilih pada November 2017.

“Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pilkakam serentak tersebut, Pemkab Tulang Bawang merencanakan akan memberikan dana hibah sebesar 20 juta rupiah kepada masing-masing Kampung yang akan menggelar Pilkakam di Kabupaten Tulang Bawang. Saya berharap agar kampung-kampung yang akan melaksanakan Pilkakam dapat menyiapkan diri, serta nantinya dapat mengajak masyarakatnya untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pilkakam di Kampungnya masing-masing,” ujarnya.

Holil, juga menambahkan, bagi Kampung yang akan melaksanakan Pilkakam harus dapat menjaga keamanan dan ketertiban di masing-masing Kampung. Jangan karena ada kepentingan Pilkakam yang akan menjadi korban masyarakat luas.

“Bagi Calon Kepala Kampung yang ingin ikut serta dalam pesta demokrasi tingkat Kampung atau Pilkakam, tentunya harus mengikuti semua aturan yang ada, agar tidak ada gejolak ditengah-tengah masyarakat kalau urusan terpilih atau tidak terpilih menjadi Kepala Kampung itu masyarakat yang akan memilihnya siapa yang layak menjadi Kepala Kampung,” tambahnya. (als)

News Reporter