Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Petenak Dan Masyarakat Diharap Bisa Manfaatkan Keberadaan Puskeswan -
Petenak Dan Masyarakat Diharap Bisa Manfaatkan Keberadaan Puskeswan

Translampung.com,PESAWARAN-Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, Anca Martha Utama menghimbau kepada para peternak serta masyarakat yang tinggal di Kecamatan Tegi Neneng,Kecamatan Negeri Katon dan Kecamatan Way Ratai agar bisa memanfaatkan keberadaan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di 3 Kecamatan tersebut.

Menurut Anca, bahwa selama ini Pemkab Pesawaran telah memiliki 3 Puskeswan dan fungsi dari Puskeswan itu sendiri untuk menangani masalah-masalah ternak di Kecamatan tersebut. Namun selama ini keberadaan Puskeswan itu sendiri kurang di manfaatkan oleh para peternak dan masyarakat  sekitar.

“Fungsi puskeswan itu kan untuk menagani masalah penanganan hewan ternak, seperti penyuntikan ternak dan penaganan rabies, dan selama ini kan kalau ada ternak warga yang bermasalah atau ada warga yang tergigit anjing rabies tidak pernah konsultasi dan berobat dengan dokter yang ada di Puskewan itu sendiri malah kerumah sakit, nah harapan kita adanya puskeswan ini bisa di manfaatkan oleh warga untuk menangani masalah ini,” kata Anca belum lama ini.

Menurutnya kedepan ini pihaknya akan menambah lagi keberadaan Puskeswan di Kecmatan lainya karena pihaknya berharap setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran memiliki satu Puskeswan dan satu Dokter Hewan, serta tekhnisinya agar bisa melakukan pengawasan kepada para peternak yang ada di Kabupaten Pesawaran ini.

“Nanti kedepan kita akan konsultasikan terlebih dahulu kepada Pemkab Pesawaran supaya terwujud adanya Puskeswan ini namun ini tentunya akan memakan waktu lama,” ucapnya.

Ditambahkanya, bahwa keberadaan Puskeswan yang ada di tiga Kecamatan itu sendiri masih kekurangan dokter hewan, karena tiga Puskeswan yang ada selama ini hanya di tangani oleh satu dokter hewan di bantu dengan teknisi, kedepan ini pihaknya akan mengupayakan satu dokter hewan yang nantinya akan menagani satu Puskeswan .

“Kalau saya mendengar paparan dari Kabid Peternakan, bahwa keberadaan Puskeswan yang ada di tiga Kecamatan itu masih kekurangan dokter hewan dan teknisi, jadi kedepan ini kita akan upayakan untuk memenuhi kebutuhan Puskewan yang ada di tiga Kecamatan itu,” pungkasnya.

Diketahui hasil dari pemaparan yang di lakukan oleh Kabid Peternakan, Dinas Pertanian pesawaran yang juga selaku dokter hewan saat melakukan pertemuan dengan para penyuluh petanian pada Rabu (1/3), menerangkan bahwa dirinya mengharapkan kepada Pemkab setempat agar keberadaan Pukeswan yang ada di tiga Kecamatan tersebut bisa di maksimalkan karena saat ini keberadaan Puskeswan masih kekurangan dokter hewan dan tenaga teknisi. (ydn)

News Reporter