. . .

Perwakilan Kemenpora Siap Hadir ke Tanggamus, Perjuangan IYOS Lampung Berbuah Manis

image_print

Silakan di-klik: https://youtu.be/0donppz6X3M (LINK VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF BENDAHARA IWO TANGGAMUS DENGAN ASDEP III TEGUH RAHARJO)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Jalur terjal berliku dan batu sandungan di sana-sini, mewarnai tekat Ketua Indonesian Youth and Sport (IYOS) Lampung, Firlinda, S.H., M.Kn. saat memboyong Gebyar Olahraga Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia 2018 ke Kabupaten Tanggamus. Alih-alih menyerah, dengan semangat baja justru Firlinda semakin kuat melewati setiap batu sandungan.

Singkat kisah, sakitnya proses dan gigihnya usaha tak akan mengkhianati hasil. Pahit dan getir penolakan, baik halus maupun frontal, bahkan sempat dituding ilegal oleh beberapa pihak yang seharusnya mendukung, menghantam Firlinda secara bertubi-tubi. Namun bersama Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Tanggamus, dinamika itu justru menjadi cambuk bagi Firlinda untuk membakar semangatnya mewujudkan kegiatan olahraga multieven enam cabang olahraga (cabor). Terdiri dari marching band, taekwondo, pencak silat, karate, panahan, dan futsal.

Demi prestisius Grand Opening IYOS Festival 2018 bekerjasama dengan Kemenpora RI yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (23/7) mendatang di Tanggamus, Firlinda bersama Bendahara PD IWO Kabupaten Tanggamus Adi Chandra, bertolak ke Kantor Kemenpora RI di Jalan Gerbang Pemuda No. 3 Senayan, Jakarta. Turut mendampingi, Ketua IYOS Pusat, “Sabam” Yefi Triaji dan Ketua Bidang Pertandingan Nasional IYOS, Gatot Hendarto.

Rasa letih Firlinda dan Adi Chandra yang menggelayuti langkah mereka sejak berangkat, seakan sirna dalam sekejap. Tatkala melihat kedatangan mereka disambut hangat oleh perwakilan Kemenpora RI. Tak tanggung-tanggung, Firlinda bersama Adi Chandra langsung berjabat tangan dengan Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Dr. R. Isnanta, M.Pd. bersama Asisten Deputi (Asdep) III Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, S.Pd., M.Si.

Dalam wawancara eksklusifnya pada Bendahara PD IWO Kabupaten Tanggamus, Teguh Raharjo menegaskan, Kemenpora RI sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada Firlinda dan jajaran IYOS Lampung serta IYOS Pusat. Terlebih, IYOS Lampung dengan sangat cepat dan proaktif “menjemput” gebyar olahraga multieven enam cabor tersebut. Hal itu memberikan nilai plus tersendiri dari Kemenpora terhadap IYOS Lampung.

“Sebenarnya, IYOS Pusat sudah sejak empat tahun lalu menggelorakan kegiatan semacam ini. Namun dalam kurun waktu tersebut, selalu dipusatkan di Jakarta. Nah ini IYOS Lampung menjadi panitia yang kali pertama mengadakan gebyar ini di daerah, yaitu di Lampung. Luar biasa dan kami sangat mendukung,” ujar Teguh Raharjo, mewakili Isnanta.

Sebagai deputi III yang membidangi pembudayaan olahraga, lanjut Teguh Raharjo, dirinya punya tanggung jawab penuh untuk mendorong agar bagaimana pun caranya, seluruh masyarakat Indonesia mencintai dan bergerak dalam satu wadah yang dinamai Ayo Olahraga. Karena dengan mencintai olahraga, masyarakat Indonesia akan sehat dan bugar.

SIAP KUNJUNGI TANGGAMUS UNTUK SEREMONIAL GRAND OPENING, DIAGENDAKAN DENGAN SURAT RESMI

DITANYA lebih lanjut tentang kesediaan perwakilan Kemenpora RI untuk hadir dan meresmikan langsung seremonial grand opening di Kabupaten Tanggamus pada Senin (23/7), Teguh Raharjo sudah menerbitkan surat khusus bernomor: 1041/D.III.2/7/2018, perihal kehadiran.
PASTIKAN HADIR KE TANGGAMUS: Inilah surat balasan resmi dari Asdep III Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo yang menyatakan kesiapan hadir ke Tanggamus untuk meresmikan grand opening pada Senin (23/7). (Foto: IST)
Surat yang ditembuskan pada Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga itu, merupakan jawaban resmi atas surat bernomor: 034/MC/VII/2018 tanggal 17 Juli 2018, perihal Undangan Grand Opening yang dikirimkan oleh panitia pelaksana.

“Berkaitan dengan kehadiran saat seremonial grand opening di Kabupaten Tanggamus pada Senin 23 Juli, kami sudah memberikan balasan secara resmi. Insya Allah, kami sebagai perwakilan Kemenpora RI akan hadir ke Tanggamus untuk membuka dan menyaksikan langsung. Sekali lagi, kegiatan ini sangat bagus dan sejalan dengan program Bapak Menpora. Jadi kami harapkan semua pihak untuk mendukung penuh acara ini, dari awal sampai akhir,” tegas Teguh Raharjo.

Sebelum mengakhiri statemennya, Asdep III kembali menegaskan, intinya Kemenpora RI mendukung penuh siapa pun yang akan menjalankan kegiatan olahraga. Baik itu kegiatan olahraga untuk mencari prestasi, rekreasi, maupun pendidikan. Khusus IYOS, memang tidak berorientasi pada prestasi, namun lebih pada pembibitan sejak usia dini.

Nah, dari pembudayaan sejak dini inilah, nanti tumbuh bibit-bibit prestasi. Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi teman-teman panitia dari IYOS Lampung dan IWO Kabupaten Tanggamus. Terlebih telah berinisiatif, kreatif, dan mau bersama-sama melakukan hal positif supaya anak-anak punya wadah khusus menyalurkan potensi. Tidak hanya latihan dan latihan. Namun terwadahi dengan baik oleh IYOS,” tandas Teguh Raharjo. (ayp)