. . .

Perusakan APK Dengan Posisi Tidak Lazim Pemicu Pemilu Memanas

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Dipicunya dugaan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dengan posisi tidak lazim, memancing kondisi Pemilu 17 April 2019 mendatang memanas.

Perusakan APK Calon Anggota Legislatif (Caleg) PKS nomor urut 8 dapil 1 atas nama Hodijah, mengundang Pemilu semakin membara, pasalnya APK telah diperbaiki ternyata kembali rusak tepat diposisi nama dan nomor urut Caleg.

Sekum Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Lambar, Nopiyadi, S.Ip., angkat bicara, pihaknya menyayangkan adanya Baliho PKS yang rusak dalam posisi yang tidak wajar.
Hal ini dapat memancing kondisi Pemilu yang menegang jika tidak ditindak lanjuti.

Menurutnya, siapapun yang terbukti dengan sengaja merusak APK Caleg PKS akan kami lawan dengan sekuat tenaga sesuai dengan Peraturan PKPU nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Isinya memuat hak-hak dasar warga negara dan prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) untuk dipilih dan memilih sesuai dengan kontitusi UUD 1945,” papar dia.

Dia berpendapat, bagi calon yang dicalonkan Partai termasuk PKS itu Hak dan dilindungi Undang-undang .

Sementara itu menurut dia, APK tersebut tidak melanggar sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 dan PKPU nomor 23 Tahun 2018 mulai dari ukuran, desain dan lokasi bahkan sebelum dipasang sudah dilaporkan desainnya ke KPU.

Jika melihat sanksi UU Pemilu dan PKPU dengan unsur sengaja dirusak maka dikenakan ancaman pidana selama 2 tahun dan denda maksimal 24 juta sesuai Pasal 280 UU 7 tahun 2017 tentang pemilu.

Dia Nopiyadi, berharapa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lambar untuk menindak lanjuti atas dugaan perusakan APK agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Kami meminta ada perhatian khusus Bawaslu untuk menindak lanjuti dugaan pengerusakan baliho APK karena sangat merugikan kami kususnya bagi Caleg, Hodijah nomor urut 8, mari kita lakoni berpolitik secara santun,”ujar Nopiyadi. (safri)