Perluas Wawasan Internasional, Darmajaya-NTVU Gelar Workshop Indonesia-China

0
341
views

translampung.com – Perluas wawasan internasional, Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya bekerjasama dengan Nantong Vocational University (NTVU) menggelar Workshop Indonesia-China, di Gedung Pascasarjana kampus setempat, Kamis (14/04).
Mengusung tema The Role of Education in International Understanding The Road to The World Without Border, kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari perwakilan kepala kantor urusan hubungan internasional perguruan tinggi dan kepala Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) se Provinsi Lampung.

Workshop tersebut menghadirkan keynote speaker yakni Wakil Direktur Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Dr. rer. nat. AB Susanto, MSc, Vice President NTVU, Professor Eng D Jinhong Liu, dan Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) Darmajaya, Rahmalia Syahputri.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah YA, MBA., MSc juga menandatangani Memorandum of Agreement dengan Vice President NTVU, Professor Eng D Jinhong Liu yang turut didampingi oleh Associate Professor Director of Editorial Department of Jurnal, Professor Zhu Xiaoqian, Director of Foreign Affairs Office Dr. A.P., Gu Jiangfeng, dan Professor Chairman, Xu Xiulin dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT.

“NTVU sangat senang bekerjasama dengan Darmajaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dan berkualitas berbasis teknologi dan bisnis di Indonesia. Kerjasama internasional antar perguruan tinggi memberikan manfaat besar untuk kemajuan, dan peningkatan kompetensi dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi kedua institusi,” ungkap Jinhong Liu.

Tak hanya penandatanganan MoA, saat itu juga dilakukan launching Darmajaya-NTVU Chinese Center yakni pusat belajar bahasa mandarin, sejarah, dan budaya Tiongkok. Selain mengembangkan kerjasama dalam akademik, kedatangan NTVU juga dalam rangka mengajar bahasa Mandarin di Chinese Center secara gratis dan terbuka untuk umum pada 13 – 15 April 2016.

Selain itu, pada Agustus 2016 hingga Januari 2017, terdapat dua mahasiswa Darmajaya yang akan mengikuti program student mobility dengan memperoleh beasiswa di Nantong Vocational University Tiongkok.

“Alhamdulillah, MoA ini bentuk tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan IBI Darmajaya dengan NTVU Tiongkok pada 1 Agustus lalu. Semoga kerjasama internasional antara IBI Darmajaya dan NTVU Tiongkok ini baik dibidang akademik maupun non akademik bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas khususnya para mahasiswa,” ujar Rektor Darmajaya.

Firman mengungkapkan, tak hanya bekerjasama dengan NTVU, Darmajaya juga bekerjasama dengan 8 perguruan tinggi lainnya di Tiongkok seperti Wuxi Institute Of Technology, Jiangsu Jianzhu Institute, Nanjing College of Information Technology, Jiangsu University, Nanjing Polytecnic Institute, Yang Zhou University, Soochow University, serta Nanjing University Information Science and Technology. (rls)

LEAVE A REPLY