. . .

Perhelatan Pameran Pesawaran Mencapai 24.190 Pengunjung

image_print

TRANSLAAMPUNG.COM, PESAWARAN -Penyelenggaraan pameran dalam rangka memperingati Semarak Pesawaran ke -11 tahun yang di adakan oleh Pemkab di lapangan Pesawaran mendapat antusias dari masyarakat setempat.

Terbukti antusias atau respos positif dari masyarakat Pesawaran atau luar Pesawaran terhitung sejak dilaksanakanya Semarak Pesawaran 2018 mulai tanggal 27 s/d 31 Juli pengunjung pameran tersebut diperkirakan berjumlah 24.190 pengunjung.

“Nah dengan jumlah tersebut artinya respon masyarakat sangat positif dengan adanya hal ini sebagaimana kita ketahui bahwa Semarak Pesawaran merupakan wahana untuk melihat berbagai hasil-hasil program pembangunan yang dilaksanakan oleh dinas/instansi dan kecamatan tentunya hal ini lah yang menarik minat para pengunjung untuk datang ,”ujar Sekda Pesawaran Kesuma Dewangsa saat penutupan Semarak Pesawaran Rabu (1/8/2018) malam.

Kesuma Dewangasa mengatakan dengan adanya berbagi macam pameran yang di adakan oleh intasi terkait tentunya dapat menarik minat masyarakat baik dari dalam maupun dari luar Kabupaten Pesawaran untuk melihat secara langsung capaian dan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

“Artinya,sejak dibukanya Semarak Pesawaran 2018 tanggal 27 Juli lalu, terus mengalami peningkatan yang sangat singnifikan dari hari ke hari. Terlebih lagi pada Rabu malam yang lalu saat artis ibu kota ikut meramaikan Semarak Pesawaran ini,”kata Kesuma Dewangsa.

Sekda juga menjelaskan bahwa selama 5 hari Semarak Pesawaran berlangsung, banyak sekali aktivitas yang terjadi selama penyelenggaraan pameran ini, seperti aktivitas ekonomi yang merupakan pertemuan langsung antara pembeli dan penjual atau antara konsumen dan produsen.

“Proses terjadinya transaksi ini tentunya juga merupakan suatu hal yang positif dalam hal pendapatan daerah guna kesejahteraan masyarakat.”ucapnya.

Adapun transaksi bisnis Semarak Pesawaran 2018 selama 5 hari di area stand utama sebesar Rp 485.465.000.

Sedangkan transaksi bisnis diluar stand utama seperti kuliner, hiburan rakyat, pedagang kaki lima dan lain-lain sebesar Rp. 324.570.000.

“Jadi total transaksi selam pelaksanan Semarak Pesawaran 2018 ini adalah sebesar Rp.810.035.000 artinya dengan jumlah capaian tersebut bisa menambah PAD Kabupaten pesawaran ,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Pesawaran Dendi Randhona mengatakan bahwa Semarak Pesawaran ini sudah menjadi agenda yang diselenggarakan setiap tahun. Selain sebagai sarana mempromosikan kepariwisataan dan kebudayaan Kabupaten Pesawaran, kegiatan ini juga sebagai wahana untuk melihat berbagai hasil-hasil program pembangunan yang dilaksanakan oleh dinas/instansi dan kecamatan selama ini.

“Hal ini dapat memacu semangat instansi terkait dan masyarakat agar lebih banyak berbuat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat secara umum, juga dapat dijadikan ajang untuk mempromosikan Pesawaran dengan segala potensi yang ada baik berupa potensi alam dan budaya yang memiliki prospek untuk dikelola dan dikembangkan.”ucap Dendi.

“Dan Dedi juga berharap kegiatan ini dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua, bukan hanya oleh pemerintah daerah maupun panitia penyelenggara, melainkan oleh para seniman/budayawan, pemerhati, pelaku wisata dan masyarakat Pesawaran pada umumnya, sehingga Semarak Pesawaran ini benar-benar menjadi milik masyarakat dan berdampak positif bagi kemajuan daerah,”pungkasnya. (ydn)