Pergantian Kepsek Diduga Tidak Wajar

Tanpa Sepengetahuan Bupati Setempat

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Pengangkatan dan pergantian Kepala Sekolah devinitif SDN1 Tiyuh Menggala Mas, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diduga sarat penyimpangan.

Hal tersebut pasca dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris Daerah ‎(Sekda) Herwan Sahri melalui Dinas Pendidkan Kabupaten Tubaba terhadap Suprizal tertanggal 16 Januari 2018 beberapa waktu lalu.

Menurut Indra Wati selaku Plt Kepala Sekolah SDN 1 Tiyuh Menggala Mas Tulangbawang Tengah mengatakan, jika pergantian dirinya selaku Plt Kepala Sekolah tersebut secara legal dan ril oleh pihak terkait dirinya secara pribadi dapat menerima itu secara legowo.‎ Namun yang menjadi persoalan saat ini mengapa ada pergantian kepala sekolah devinitif akan tetapi tidak dilakukan pelantikan.

“Seharusnya setiap dan pengangkatan jabatan itu wajib bedasarkan nota dinas terkait, setelah itu baru ada surat lampiran keputusan Bupati, selanjutnya dilakukan pelantikan, baru SK Devinitif berikut surat berita acara pelantikan di keluarkan. Saya duga pengangkatan Kepala Sekolah tersebut hanya main tunjuk tidak melalu proses dan prosedur ketentuan yang berlaku,” kata Indra Wati saat berbincang terhadap Trans Lampung di kediamannya, Minggu (11/3) kemarin.

lanjutnya, secara pribadi dirinya patut mempertanyakan keabsahan surat keputusan Bupati ‎yang ditandatangani langsung oleh Sekdakab Tubaba

terkait pengangkatan Aprizal sebagai Kepala sekolah devintif yang menggantikan dirinya tersebut.

“‎Bedasar keputusan Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Nomor: 821.2/005/III.03/Tubaba/2018. mengangkat, memindahkan dan pemberhentikan pegawai negeri sipil Guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah dasar pada Dinas Pendidikan dilingkungan  Pemkab Tubaba.‎ Memutuskan mengangkat dengan hormat Pegawai Negeri Sipil Suprizal dengan Nomor induk pegawai NIP 197012281993081001 pangkat golongan pembina Tk.I (IV/b) jabatan lama Guru SDN 3 Tirta Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, dalam tugas jabatan baru sebagai Kepala sekolah SDN 1 Negeri Menggala mas Tulangbawang Tengah.‎ keputusan ini berlaku mulai paling lama 4 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan, dengan ketentuan apabila dikemudian hari ‎ternyata terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya,” katanya menirukan isi surat keputusan (SK) tersebut.

Hal senada diamini oleh kholid (45) Warga Tiyuh panaragan selaku adik kandung Indra wati.,Spd menjelaskan. Sebelumnya kakak kandung nya  tersebut berkoordinasi terkait pergantian dirinya selaku Plt Kepala Sekolah SDN 1 Tiyuh Menggala Mas diduga tidak wajar.

“Merasa curiga, saat itu saya langsung berkoordinasi dengan pak Bupati Umar ahmad Via telpon, untuk menanyakan terkait pergantian dan pengangkatan kepala sekolah itu, namun Bupati sendiri menyatakan tidak mengetahui jika ada pergantian dan pengangkatan kepala sekolah tersebut.,” kata Kholid. (dir/hkw)

News Reporter