Peran IKM Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara pelatihan pengolahan ikan  dan pelatihan diversifikasi produk tapis Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) tahun 2017, di Gedung Wanita, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (22/3).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan perkembangan industri kecil dan menengah (IKM) memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, dan juga dalam menghadapi krisis, IKM mampu bertahan karena daya beli masyarakat lebih tinggi daripada industri lainnya.

“Hilirisasi produk hasil olahan ikan sangatlah beragam dan memiliki potensi yang cukup besar jika diproses dan menghasilkan nilai ekonomi yang lebih tinggi,” ujarnya.

Potensi kerajinan tapis di Kabupaten Pesibar memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga perlu di lestarikan dan di kembangkan menjadi aneka produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan minat pasar yang terus berubah, maka pelaku IKM dituntut untuk terus berinovasi mengimbangi perkembangan permintaan pasar.

“Potensi perikanan Kabupaten Pesisir Barat menjadi sebuah kekuatan yang diharapkan dapat dikembangkan menjadi aneka produk turunan untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta menunjang pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Pesibar,” paparnya.

Agus mengharapkan dengan kewirausahaan yang kuat, selain tercipta kegiatan ekonomi yang makin berkembang juga menciptakan lapangan kerja. Hal tersebut, terbukti dengan adanya korelasi antara kewirausahaan dan pembangunan ekonomi yang mampu menciptakan negara sejahtera.

“Industri kecil dan menengah (IKM) memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional, dan kontribusi yang diberikan oleh IKM di indonesia ini bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi nasional, melainkan untuk menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar, sehingga hal ini mampu mengurangi permasalahan besar indonesia yakni pengangguran,” tandasnya. (r7/hkw)

News Reporter