Pengusaha, Bantulah Perbaiki Jalan!

0
463
views

TRANSLAMPUNG.COM-Rusak parahnya jalan provinsi sekitar delapan kilometer (km) di Kecamatan Rumbia menjadi salah satu keluhan masyarakat Lampung Tengah (Lamteng). Supaya jalan ini tetap bisa dilalui, Polsek Rumbia berinisiatif meminta bantuan secara swadaya perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Rumbia untuk ikut memperbaikinya.

Menurut Kapolsek Rumbia AKP Edi Qorinas, hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) akibat rusaknya jalan di Rumbia. ’’Kendaraan roda empat dan dua pun lebih baik memutar arah daripada melewati jalanan yang rusak. Warga banyak mengeluh,” katanya.

Karena itu, supaya jalan ini bisa tetap dilewati, harus ada solusi. ’’Makanya, saya gagas untuk meminta bantuan secara swadaya kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Rumbia. Meskipun tidak diaspal, terpenting bisa menambal lubang-lubang di jalan. Kalau mau menunggu pihak (pemerintah) provinsi yang memperbaiki, entah kapan?” ungkapnya.

Kerusakan jalan di Rumbia ini banyak mendapat komentar masyarakat yang diunggah di media sosial Facebook. Di antaranya akun bernama Sahad Pwh Baskara. Akun ini mem-posting foto kondisi jalan rusak penuh lumpur dan sindiran pada Minggu (5/2) pukul 18.18 WIB.

”Kalau di Lamtim ada olok2 wisata Jeglongan Sewu karena jalan jelek. Gimana dengan jalan provinsi depan kantor Camat Rumbia dan arah ke Kecamatan Seputihsurabaya? Apa namanya yaaa??? Wisata…………..” tulisnya.

Ada juga pengguna Facebook yang berniat menjadikan jalan itu sebagai ajang lomba foto ekstrem. ”Kita adain lomba yuk Pak, foto paling ekstrem, wahhh seru bakalan ini pasti.. hahaa,” tulis akun bernama Ello Steevent.

Sementara akun bernama Muhammad Badrun menuliskan komentar dan berharap Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melihat langsung. ”Semoga Pak Gubernur suatu saat ada tugas ke Rumbia dan jalan segera dibangun. Amin. Bravo Pak Ridho,” tulisnya.

Sebelumnya diberitakan, truk fuso warna cokelat BE 9617 BU bermuatan kayu akasia tujuan Palembang, Sumatera Selatan, terguling di jalan yang menghubungkan Kecamatan Seputihbanyak-Rumbia, tepatnya di Kampung Renobasuki II, Senin (23/1). Hal ini disebabkan kondisi jalan yang rusak parah.

Menurut Yanto (50), pengemudi truk, truk yang dikendalikannya terguling karena menghindari lubang yang menganga di tengah jalan. “Saya mau ke Palembang. Muat kayu akasia 15 kubik. Untungnya, saya tidak apa-apa,” kata warga Kota Metro ini.

Kecelakaan ini menyebabkan dirinya harus membongkar kembali muatannya. “Menghambat perjalanan. Muatan kayu harus dibongkar kembali,” ujarnya.

Udin (45), warga Kampung Renobasuki II, Kecamatan Rumbia, mengatakan, kecelakaan seperti sudah sering terjadi. “Hampir setiap hari truk terguling. Terkadang truk bermuatan singkong. Kondisi jalannya sangat parah. Kalau nggak hati-hati, ya ngeguling,” ucapnya di sekitar lokasi kecelakaan.

Karena itu, dirinya selaku warga berharap pemerintah provinsi segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya. “Harapan warga, pihak provinsi segera memperbaiki. Jangan menunggu korban jiwa dahulu,” ungkapnya.

Terpisah, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Timur berupaya melakukan penimbunan di sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan. Penimbunan ruas jalan rusak tersebut dipimpin Kasatlantas AKP Hendra Gunawan.

”Penimbunan jalan rusak dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi lakalantas yang disebabkan jalan rusak dan berlubang,” jelas AKP Hendra Gunawan.(tnn)