. . .

Pengurus Kagama Lampung Periode 2018-2023 Dikukuhkan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Lampung periode 2018-2023 dikukuhkan. Dilakukan di Gedung Wisma Haji, Al Khairiyah, Kota Metro, Sabtu (1/9/2018).

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Kagama Lampung periode 2018-2023 dipimpin langsung oleh Ketua Umum PP Kagama yakni Ganjar Pranowo. Hadir juga dalam acara ini Gubernur Lampung, Ketua Pengda Kagama Lampung, Walikota Metro, DPRD Kota Metro, senior PP Kagama, dan seluruh pengurus serta ratusan anggota Kagama.

Dalam acara pengukuhan ini, Kagama Lampung juga menggelar pertunjukan seni bertajuk ‘Gelar Pesona Nusantara Kagama Winisudha’, yang menampilkan berbagai tarian tradisional, musik tradisional yang dikemas dalam pagelaran yang menakjubkan.

Berdasarkan Musda Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Lampung tanggal 30 Juni 2018 lalu terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengda Kagama Lampung masa bhakti 2018-2023 adalah dr. Soeradi Soedjarwo, Sp.S., ketua I bidang organisasi dan kelembagaan Drh. Husodo Hadi, ketua II bidang pengabdian masyarakat, Eko Raharjo, S.H, M.H, ketua III Bidang Pengembangan Dr. Ari Darmasturi, ketua IV bidang sarana dan prasarana Dr. Nurdiono, S.E, M.M, serta terpilih juga pengurus Kagama kabupaten/kota dan Kagama komunitas di Lampung.

Dalam sambutannya, dr. Soeradi Soedjarwo, Sp.S mengajak kepada seluruh anggota Kagama Lampung untuk terus menjaga kebudayaan Indonesia. “Kita punya kebudayaam yang bagus, yang adiluhung, dan luhur. Jadikan budaya tuan rumah di negara sendiri,” paparnya.

Soeradi menambahkan, bahwa pesona budaya ini sangatlah penting mengingat saat ini perkembangan kehidupan manusia di zaman yang serba modern ini semakin menunjukan bahwa pola hidup harus sesuai dengan tuntutan zaman, dimana manusia-manusia telah meninggalkan adat dan kebudayaan yang menjadi roh dalam tatanan masyarakat bangsa Indonesia.

“Budaya adalah roh kehidupan yang harus dijaga, ini adalah himbauan yang secara etimologis memiliki kekuatan spiritual yang perlu diberdayakan, maka secara terminologis kehidupan ini harus memiliki kebudayaan yang jelas bukan budaya campuran apalagi budaya cangkokan,” ujarnya.

Dengan pentas seni, Soeradi berharap dapat menginspirasi semuanya. Dan kedepan dia berhadap dapat melaksanakan yang lebih baik dan menjadi kesatuan yang indah. “Kami berharap kedepannya mohon doa restunya, para senior, juga kepada pengurus pusat Kagama. Semoga kami pengurus Kagama Lampung diberi kekuatan diberi petunjuk agar keberadaan Kagama di Lampung lebih bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” tandasnya.

Ganjar Pranowo Ketua Umum PP Kagama dalam sambutannya, mengapresiasi Gelar Pesona Budaya Nusantara dari Kagama Lampung. Ganjar Pranowo juga takjub atas gelaran yang dikemas dalam acara pelantikan Kagama.

“Baru kali ini pelantikan pengurus Kagama pertunjukannya cukup banyak dan baru kali ini walaupun di Lampung budaya yang ditampilkan cukup banyak. Tentu romantisme itu akan membawa sesuatu pada diri kita pada masa kuliah dahulu,” paparnya.

Ganjar mengatakan, Kagama mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan memberikan warna yang baik dimanapun berada. “Kawan-kawan kita ada dimanapun dan mewarnai apapun. Tak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia,” ujar Ganjar.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Pengda Kagama Lampung yang telah terpilih. “Sekali lagi selamat bertugas. Kita semua siap membantu, selamat bertugas mudah-mudahaan komunikasi jalan terus, dan kita bisa mewarnai dengan baik,” tuntasnya. (suf)