. . .

Pengunduran Diri Selaku Ketua PC-NU Tubaba Sugito Diduga Lepas Tanggung Jawab Dana Bansos

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
Pengunduran diri selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama‎ (PC-NU) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) masa bhakti 2014-2019.  H Sugito AS, diduga lepas tanggung jawab atas beragam penggunan dana bantuan sosial (Bansos) Pemkab setempat untuk pembangunan Kantor PC-NU ditiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulangbawang Tengah Tubaba dengan anggaran Rp 100 juta.‎

Hal tersebut diketahui Pasca pencairan dana bantuan sosial (Bansos)  Pemkab Tubaba Rp 60 juta tahun 2018 oleh Ketua PC-NU ‎Sugito, namun hingga kini belum tanpak tanda bangunan pada lokasi setempat.

‎Bedasar pantauan Translampung.com akhir belakangan kemarin, diketahui kepemimpinan PC-NU Tubaba telah dinakhodai oleh H.Sugito AS dari 2009 hingga 2019, sejak tahun tersebut dana bantuan sosial (Bansos) yang telah dihibahkan pemkab setempat terhada PC-NU untuk beragam keperluan telah mencapai Ratusan juta rupia. Satudiantaranya untuk pembangunan Kantor PC-NU tahun 2009-2013 ditiyuh penumangan baru Tulangbawang Tengah hingga kini kodisinya dalam keadaan mangkrak dan terbengkalai.

‎Menurut ‎Ketua PC-NU H.Sugito AS saat dijumpai dilokasi Kompleks islamic center kelurahan panaragan jaya Tulangbawang Tengah mengatakan. Dirinya memimpin PC-NU terhitung sejak 2009-2019 yang saat ini akan segera digelar konfrensi cabang (Konfercab) untuk pemilihan ketua PC-NU yang baru.

” Sebenarnya  masa kepemimpinan saya habis hingga‎ 2019 mendatang, namun karena saya akan ikut menjadi Calon Legislatif (Caleg) terpaksa harus mengundurkan diri dari ketua PC-NU, terkait bantuan sejak 2009 sampai 2017 PC-NU semasa kepemimpinan saya belum dan tidak pernah mendapat bantuan dana sosial (Bansos) dari Pemkab Tubaba, baru tahun 2018 ini kami mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan kantor PC-NU di Tiyuh Tirta makmur, dan saat ini dana tersebut telah kami ambil tahap pertama Rp 60 juta sementara sisanya Rp 40 juta akan di tarik kembali pada tahap kedua.” Kata Sugito terhadap Translampung.com seusai mengikuti acara manasik haji pada (2/7/2018) beberapa waktu lalu.

‎Lanjut dia, terkait pembangunan Kantor PC-NU di Tiyuh Penumangan Baru Tulangbawang Tengah tidak sedikitpun menggunakan dana Bansos Pemkab Tubaba, sebab dana pembangunan tersebut didapat dari swadaya jama’ah Nahdatul Ulama (NU). (Dirman)

“Baca selengkapnya edisi cetak Translampung senin” (16/7/2018)