Pengrajin Gula Merah di Palas, Lamsel Pasrah. Harga Perkilo Hanya Rp7 ribu-Rp12 ribu

0
589
views
PALAS – Pengrajin gula merah di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan mengeluhkan rendahnya harga gula merah saat ini ditingkat pengecer hanya Rp.7000-12.000/Kg.
Santi (25) salah seorang pengrajin gula merah di Desa Sukaraja, Kecamatan Palas mengatakan, saat ini harga gula merah ditingkat pengecer hanya 12.000/ kg. Harga tersebut tidak sesuai dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk membuat gula merah tersebut.
“Mau kayak mana lagi mas, karena usaha yang lain tidak ada lagi. Ya mau nggak mau, dengan terpaksa kami harus menjual gula merah dengan harga rendah,” ujar Santi, saat ditemui dilokasi pembuatan gula merah, Sabtu (16/4).
Hal senada juga diungkapkan Anton (30) pengrajin gula merah di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Palas menurut dia harga 12.000/kg tersebut,  jika dihitung tidak sesuai biaya yang harus dikeluarkan seperti untuk membeli kayu bakar perkubiknya mencapai Rp. 300.000. Belum lagi untuk membeli bahan kapurnya sebesar Rp.12.000/sak dan membeli tali plastik.
“Harga 12.000 saat ini, tentunya tidak sebanding dengan hasil yang didapat. Untuk menutupinya, terpaksa saya mengutang dengan para tengkulak atau bos gula yang harganya jauh lebih rendah dipasaran yakni 7000/kg,” kata dia.
Dirinya berharap, dengan pemerintah melalui dinas terkait, kiranya dapat membantu baik dari segi permodalan atau dari peningkatan harga. Dimana selama ini, para pengrajin gula merah selalu saja tertidas oleh permainan harga oleh para tengkulak,” harapnya. (Jhn)

LEAVE A REPLY