Pengeluaran Tak Terduga Dalam Perencanaan Keuangan

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – SERING sekali di setiap awal bulan kita melakukan perencanaan pengeluaran selama sebulan ke depan agar dapat membantu kita supaya bisa hidup dengan hemat. Nantinya daftar tersebut akan dicek berulang kali sampai kita sangat yakin jika kita akan bisa menabung sebesar nominal yang telah di perkirakan.

Namun pada saat di akhir bulan ketika kita sedang meninjau kembali daftar perencanaan yang telah kita susun dengan pengeluaran kita yang sebenarnya maka kadang kala hasil yang kita dapatkan adalah pengeluaran kita lebih besar di banding dengan apa yang telah kita rencanakan.

Pengeluaran tak terduga dapat memiliki bentuk yang macam-macam tergantung dari beban masing-masing setiap orangnya. Maka dari itu pengeluaran tak terduga antara satu orang dengan orang yang lainnya tidak bisa di samakan.

Beberapa faktor penting yang menjadi masalah dan Menjadi Sumber Pengeluaran Tak Terduga:

Sakit

Tak ada satupun orang yang tidak pernah merasakan sakit, selain itu tidak ada pula satupun orang yang bisa memprediksi kapan ia akan jatuh sakit kecuali orang tersebut memiliki kemampuan khusus. Penyakit bisa saja datang sewaktu-waktu dalam hidup kita, baik itu pada saat kita sedang memiliki uang yang banyak maupun uang yang terbatas atau bahkan kurang. Pengobatan pun saat ini tidaklah selalu murah. Maka dari itu demi bisa menjaga kejadian seperti ini terjadi maka kita harus bisa berjaga-jaga dengan uang kita, selain itu yang terpenting adalah biasakan menjalani hari dengan selalu riang gembira. Sebab suasana hati yang gembira merupakan salah satu obat yang paling manjur.

Musibah

Sama seperti halnya penyakit. Musibah juga bisa datang kapan saja tanpa direncanakan. Pada saat bencana menghampiri kita, tentu juga akan mengakibatkan pengeluaran menjadi bertambah. Masalah akan semakin runyam pada saat kita sedang tidak memiliki uang untuk menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.musibah yang di maksud di sini adalah seperti kebakaran rumah, kebanjiran, kendaraan rusak, dan lain sebagainya.

Produk Diskon

Tentunya potongan harga dari suatu produk sungguh sangat menggoda terutama bagi kaum hawa, terlebih lagi jika produk tersebut sudah lama kita incar dan idam-idamkan. Pada saat seperti itulah kita harus bisa mengambil suatu keputusan yang berat yaitu berusaha untuk dapat menahan diri karena hal tersebut bukan kebutuhan atau beli saja karena kesempatan seperti ini tidak akan dating dua kali. Apapun yang nantinya menjadi pilihan kita, pikirkan terlebih dahulu sebelum membeli produk diskon tersebut. Ingatlah bagaimana kondisi keuanganmu saat ini dan pertimbangkan pula seberapa butuh kita akan produk tersebut. Jangan sampai menyesal setelah membeli produk tersebut.

Pulsa Telepon Seluler

Biaya yang digunakan untuk kebutuhan pulsa seringkali membengkak sebab terkadang secara tidak sadar kita memakainya untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Banyak orang yang menganggap pulsa adalah suatu hal yang sepele akibatnya mereka tidak berpikir panjang sebelum menggunakannya. Hal tersebut itulah yang membuat biaya untuk pulsa kita meningkat. Untuk komunikasi yang sifatnya kurang penting, kita bisa memanfaatkan alternative lain contohnya menggunakan layanan free call atau bahkan video call dari aplikasi Line karena yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan ini adalah koneksi internet.

Traktiran

Saat kita sedang ulang tahun pada bulan tertentu, pengeluaran ini pasti sering terjadi. Pada saat moment bahagia ini datang biasanya kita ingin merayakan bersama keluarga tercinta dan teman-teman terdekat kita. Satu hal yang pasti untuk melakukan traktiran biasanya membutuhkan biaya yang harus kita keluarkan. Namun ingat, traktiran tidak selalu harus mahal, sesuaikan tempat traktiran dengan kondisi keuangan kita atau apabila sedang tidak punya uang maka hanya sekedar berkumpul bersama juga bisa kita lakukan. Kebersamaan itu yang paling terpenting kan?

 

Hobi

 

Nah ini dia yang bisa menjadikan pengeluaran bulanan kita sering kebablasan. Melakukan hobi memang merupakan salah satu kegiatan yang amat sangat menyenangkan, saking menyenangkannya maka hal ini dapat membuat kita lupa akan kondisi keuangan kita. Sifat yang ingin terus menerus memuaskan hasrat pribadi inilah yang nantinya akan memberikan dampak buruk bagi hidup kita karena bisa menyebabkan uang habis sebab digunakan demi menyalurkan hobi. Alangkah bijaknya apabila kita menganggarkan sebagian saja uang untuk hobi kita tiap bulannya, maka akan membuat pengeluaran dapat lebih dikendalikan.

Memberikan Hadian dan Sumbangan

Sebagai seorang manusia, tentunya kita juga perlu memiliki sifat untuk saling berbagi. Namun terkadang hal inilah yang menjadi salah satu sumber pengeluaran tak terduga di tiap bulannya. Pada saat kita di undang ke pesta pernikahan teman, memberikan hadiah merupakan salah satu hal yang sangat lazim di lakukan. Memang kita di perbolehkan memberi hadiah, namun hadiah tersebut haruslah sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Jangan sering berkaca bahkan membandingkan diri kita dengan orang yang lebih tinggi status sosialnya hanya karena dengan alasan gengsi, sebab hal tersebut akan membuat uang kita berkurang sedikit demi sedikit dengan cepat. Ingatlah untuk selalu memberi dari apa yang kamu miliki. Sesuai dengan namanya, pengeluaran tak terduga tentu akan datang secara tak terduga atau tiba-tiba pula. Pada saat hal tersebut menghampiri kita dan kita sedang tidak memiliki uang maka hidup kita akan menjadi sulit.

Pada dasarnya terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan guna mengatasi masalah ini, berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan guna mengatasi pengeluaran tak terduga.

  1. Buat Prioritas

Caranya adalah dengan membuat skala prioritas dan mempertimbangkan secara jernih kewajaran antara keinginan dan kebutuhan yang hendak dipenuhi. Tentukan beberapa kebutuhan dan pastikan terpenuhi lebih dulu.

  1. Tidak Semua Pengeluaran Tak Terduga Harus Dipenuhi

Pengeluaran tak terduga tidak harus semua Anda penuhi. Caranya adalah dengan melihat kepentingannya. Pertimbangkan dengan pikiran jernih bukan memenuhi hawa nafsu. Dengan demikian, Anda bisa dengan bijak mengeluarkan uangnya. Hindari untuk membeli barang langsung. Berikan waktu untuk pikiran rasional Anda mengimbangi emosi. Pada saatnya nanti setelah pertimbangan Anda sudah wajar dan adil, Anda akan bisa memutuskan apakah barang tadi penting atau tidak.

  1. Secepatnya Bayar Tagihan

Rencanakan pengeluaran Anda dengan baik. Ketika menyusun anggaran, yang Anda harus lakukan adalah merencanakan penataan penghasilan untuk membayar pengeluaran rutin. Namun, hal yang bisa terjadi adalah Anda harus membayar pengeluaran yang sifatnya tidak rutin/tidak terduga karena Anda harus membayar denda akibat telat membayar tagihan. Untuk itu, bayarlah tagihan secepatnya setelah Anda menerima tagihan.

  1. Jika Tidak Memiliki Uang Lebih, Hindari Obsesi Memiliki Barang-barang Menarik

Karena hal ini akan membentuk keinginan yang kuat pada pikiran Anda sehingga potensi pada pengeluaran yang tak terduga.

  1. Proteksi/Asuransi

Belum semua orang tahu arti pentingnya manajemen risiko atau asuransi. Beberapa pengeluaran tak terduga seperti untuk perbaikan mobil karena tabrakan, kebakaran rumah adalah sesuatu yang tidak bsa diduga. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan manajemen risiko atau pengalihan risiko pada pihak ketiga untuk bersama-sama menanggung risiko tersebut. Adapun, pihak ketiga tersebut adalah perusahaan keuangan atau lebih layak disebut dengan asuransi.

Bagaimana dengan Anda? Mulailah dari sekarang lakukan pengelolaan keuangan secara teratur untuk mengatasi pengeluaran tak terduga. (*)

News Reporter