. . .

Pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Minta Seluruh Komponen Terlibat

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) minta, terhadap seluruh lapisan komponen masyarat turut mengawasi pesta demokrasi Pemilu 2019 mendatang.

Hal itu dikatakan Bawaslu saat menggelar sosialisasi pengawasan pemilu 2019 kepada seluruh instansi Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Perempuan di Wisma Asri Tiyuh (Desa) Tirta Makmur Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten setempat pada (15/11) pukul 10:00 WIB.

Bedasar pantauan Tranalampung.com, tanpak hadir Bawaslu Provinsi Lampung di wakili Ade Ashari. Asisten 1 Pemkab Tubaba Agus Subagio. Ketua Bawaslu Tubaba Midiyan. Ketua KPUD Tubaba Ismanto Ahmad. Danramil. Kapolsek. Kaban Kesbangpol dan Kadis Disdukcapil Tubaba.

Menurut Midian, tujuan sosialisasi tersebut  adalah untuk memberikan suatu pemahaman dalam rangka kerja sama semua pihak terkait  pengawasan Pemilu yang akan kita hadapi di tahun 2019 mendatang.

” Kami pihak Bawaslu meminta bantuan kerjasama dari semua pihak baik dari Instansi Pemerintah,Tomas, Toda, Toga dan Tokoh Perempuan serta dari pihak manapun yang intinya dalam pengawasan pemilu kita dapat berjalan sesuai dalam aturan-aturan yaitu, jujur dan adil sesuai harapan kita bersama.” Kata Midian saat dikutip Translampung.com.

Lanjut dia, dalam pengawasan tersebut Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjaga netralitas dalam Pemilu 2019, karena ASN sebagai pelayan publik. Sebab, pelanggaran yang biasa dilakukan oleh ASN yaitu. Mempengaruhi warga dengan cara money politik, menyalahgunakan kewenangan dalam merencanakan program,  juga terlibat sebagai tim kampanye.

” Tugas dari KASN salah satunya menjaga netralitas pegawai ASN dan apabila terdapat ASN yang melanggar KASN dapat merekomendasikan kepada presiden untuk menjatuhkan sanksi kepada yang melanggar.” Imbuhnya (Dirman)