Pengawas Disnakertrans Provinsi Bakal Periksa Seluruh Perusahaan di Lampung, Ini Alasannya

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Lampung melalui Pengawas Disnakertrans akan melakukan kunjungan ke seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Lampung. Hal itu dikatakan Koordinator Pegawai Pengawas, Yudha Sofyan Hasan didampingi Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS), Muzahfar Sanusi saat di jumpai translampung.com di ruang kerjanya, Kamis (12/4).

Kunjungan terhadap seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Lampung tersebut bertujuan untuk memeriksa terhadap jam kerja karyawan masing-masing perusahaan, antara lain jam waktu kerja dan waktu istirahat.

“Kita akan lakukan pemeriksaan jam kerja dan jam istirahat para tenaga kerja di masing-masing perusahaan yang ada di Provinsi Lampung,” kata Yudha didampingi Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS).

Dia mengatakan bahwa kunjungan tersebut dijadwalkan pada Rabu (17/4) pekan depan dengan mengerahkan 41 pengawas.

“Rabu dilakukan sidak penertiban jam kerja dari mulai pekerja masuk, istirahat dan jam pulang,” imbuhnya.

Selain penertiban jam kerja, pengawas juga akan memeriksa terkait norma kerja dan norma K3 di setiap perusahaan, memastikan apa sudah terpenuhi atau belum.

Lalu dia menegaskan, bahwa bagi perusahaan yang memberlakukan kerja lembur kepada karyawannya dibatasi tidak boleh lebih dari tiga jam per hari.

“Ini untuk melindungi tenaga kerja agar perusahaan tidak semena-mena, jadi untuk lembur tidak boleh lebih dari 3 jam sehari,” tegasnya. (hkw)

News Reporter