Pendekatan Polres dan Brimob Tanggamus Berhasil, Warga Sukarela Bongkar Pos Sarang Pungli di Jalinbar
BONGKAR SUKARELA: Tampak personel Kompi 4 Brimob dan Polres Tanggamus berjaga-jaga di lokasi Pos LJ yang dibongkar secara sukarela oleh warga tadi (16/4) sore, setelah dilakukan pendekatan oleh Polres dan Kompi 4 Brimob Tanggamus. (Foto: HUMAS POLRES TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Satuan Brigade Mobile Polda Lampung Kompi 4 Tanggamus bergerak cepat merespon laporan aksi pungutan liar yang terjadi di Jalan Lintas Barat ruas Pekon Belu, Kecamatan Kotaagung pada Minggu (15/4). Setelah berkoordinasi dengan Polres Tanggamus, tadi (16/4) sore para petugas mendatangi Pos Lintas Jasa (LJ) yang disinyalir menjadi sarang aksi pungli terhadap pengguna Jalinbar.

Berkat upaya pendekatan persuasif dari Polres Tanggamus dibantu Kompi 4 Brimob Polda Lampung, akhirnya Aparat Pekon Belu bersama warga bersedia secara sukarela membongkar total Pos Lintas Jasa (LJ) di tepi Jalan Lintas Barat tersebut.

Sebelumnya, Pos LJ disinyalir sebagai sarang oknum pelaku pungutan liar terhadap kendaraan yang melintasi Jalinbar pekon setempat. Tak ingin nama pekonnya dicemari sebagai tempat praktik pungli, warga setempat akhirnya sukarela membongkar Pos LJ di bawah pengawasan Polres dan Kompi 4 Brimob Tanggamus.

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan didampingi Komandan Kompi (Danki) 4 Brimob Tanggamus IPTU Dimas Putra Kembaran mengawasi langsung perobohan dan pembongkaran Pos LJ di Pekon Belu tadi sore. Sebelum eksekusi, para petugas terlebih dahulu berkoodinasi dengan Kepala Pekon Belu beserta para tokoh masyarakat.

“Hasil koordinasi Polres Tanggamus dan Kompi 4 Brimob dengan aparatur pekon dan masyarakat setempat, masyarakat bersedia secara sukarela merobohkan Pos LJ,” ungkap Aditya Kurniawan, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma Jemy Karang.

Warga secara sukarela merobohkan pos itu, kabag ops melanjutkan, karena warga sekitar tidak ingin nama Pekon Belu dicemari praktik atau aksi pungli yang diduga bersarang di pos tersebut. Bahkan ke depan, penertiban juga dilaksanakan secara merata di sepanjang ruas Jalinbar Tanggamus yang masih berdiri pos-pos serupa.

“Dengan adanya back up dari Satuan Brimob di Tanggamus, diharapkan situasi di kabupaten ini menjadi semakin aman dan kondusif. Apalagi menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri,” harap Aditya.

Sementara Danki 4 Brimob Tanggamus IPTU Dimas Putra Kembaran mengatakan, sebelum eksekusi pembongkaran secara sukarela oleh warga, Brimob sempat menerima laporan aksi pungli di Pos LJ Pekon Belu, pada Minggu (15/4).

“Guna merespon keluhan masyarakat yang melintas di jalur tersebut, tadi pagi kami berkoordinasi dengan Polres Tanggamus guna melakukan penertiban. Namun atas kesadaran masyarakat, mereka bersedia membongkar sendiri pos tersebut,” pungkas Dimas. (ayp)

News Reporter