Penandatangan MoU Internasional Sukses

0
724
views
MoU: Usai penandatanganan MoU seminar oleh Rektor Darmajaya, Firmansyah Y. Alfian.

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG– Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IIB Lampung sukses menggelar penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) internasional di Hotel Emersia, kemarin (12/07).

Penandatangan MoU dilakukan 38 PTS se Lampung dan 4 PTS luar Lampung dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri. Diantaranya, Mahsa University Malaysia, University Malaysia Pahang, FPT University Vietnam, dan I-Group Asia Pasific.

Hadir perwakilan University Malaysia Pahang, Rizalman bin Mamat, perwakilan I-Group, Don orme dan Alex Kadarusman. Rizalman bin Mamat menyambut baik kerjasama internasional antara University Malaysia Pahang dengan beberapa PTS di Lampung.

“Kami yakin bahwa PTS di Lampung, masing-masingnya memiliki potensi. Mudah-mudahan penandatangan MoU ini nantinya akan diimplementasikan dalam berbagai bentuk kerjasama internasional. Misalnya, program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama, dan pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Subdirektorat Kerjasama Perguruan Tinggi Direktorat Kelembagaan Dikti, Dr. Purwanto Subroto mengapresiasi langkah APTISI Lampung meningkatkan kualitas melalui kerjasama internasional.

“Prioritas kebijakan dan strategi dalam internasionalisasi pendidikan tinggi yakni sesama perguruan tinggi harus saling kerjasama dan saling sharing informasi. Kompetisi antar perguruan tinggi memang terjadi, tapi untuk meningkatkan kualitas generasi bangsa, perguruan tinggi harus bekerjasama dan maju bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua APTISI Wil-II B Lampung, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc mengungkapkan, penandatangan MoU Internasional digelar sebagai salah satu upaya APTISI mendorong PTS Lampung untuk meningkatkan kualitas.

“Era global saat ini membuat persaingan dunia kerja batas. Kualitas menjadi keharusan, hanya yang berkualitas dan bermutu yang mampu bersaing dan unggul. Untuk itu, APTISI mendorong PTS di Lampung untuk meningkatkan mutu dan kualitas dengan menjalin kerjasama baik di tingkat nasional dan internasional,” ujar Rektor Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya ini.

Sehari sebelumnya (11/07), Ketua APTISI Pusat, M. Budi Djatmiko melantik Ketua APTISI Wil-II B Lampung. Turut hadir Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II, Prof. Dr. H. Slamet Widodo, MS.,MM, Former Atase Pendidikan Thailand, Yunardi Yusuf, dan Kepala Subdirektorat Kerja Sama Perguruan Tinggi, Direktorat Kelembagaan DIKTI, Purwanto Subroto.(*)