Pemprov Selenggarakan Bimtek LPPD Provinsi dan Kabupaten/Kota

0
287
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pemerintah Provinsi Lampung bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelaporan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang diikuti oleh Tim Daerah serta Tim Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Bimtek dilaksanakan di Hotel Emersia, Selasa (21/2).

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana dan pemahaman untuk meningkatkan kualitas dalam penyusunan LPPD.

Lebih lanjut Heri menyampaikan bahwa pihaknya berharap dalam penyusunan LPPD kedepan, jajaran Tim Penyusunan LPPD Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat meningkatkan capaian kinerja lebih baik lagi mengingat Penyusunan LPPD Tahun 2015 mendapat skor 3,3981 dengan status sangat tinggi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan bekal pengetahuan dan pemahaman dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sehingga dapat terwujud pemerintahan yang baik”, ujarnya.

Sementara dalam sambutan Kasubdit Wilayah III Dit EKPKD Ditjen Otda Kemendagri RI Yosuaro Zay mengatakan bahwa kegiatan ini sebagi bentuk dukungan Pemerintah Pusat terhadap Pemerintah Daerah untuk mampu menyusun LPPD yang lebih baik lagi.

Apalagi menurutnya kedepan Laporan hanya akan ada 2 bentuk yakni Laporan Kinerja dan Laporan Keuangan sehingga diharapkan Bimtek ini dapat menjadikan penyusunan LPPD kedepan lebih berkualitas.

“Setelah penyampaian materi kami juga akan melakukan diskusi secara mendetail oleh para narasumber, sehingga bagi para peserta mendapatkan pemahaman yang jelas dan terperinci dalam penyusunan LPPD yang lebih baik lagi”, jelasnya.

Selanjutnya ditambahkan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana dengan didampingi oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam acara ini juga diserahkan secara simbolik Panduan Manual Penyusunan LPPD dari Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Kasubdit Wilayah III Dit EKPKD Ditjen Otda Yosuaro Zay kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto.

“Diharapkan Buku panduan ini dapat menjadi pedoman bagi Tim Penyusunan LPPD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan pihak-pihak terkait dalam menginventarisir permasalahan dan kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah dalam hal penyusunan LPPD”, sambungnya.(*)