Pemprov Sambangi Kemenag RI

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Sepertinya, upaya ngotot harus dilakukan oleh pemprov Lampung dalam upaya membuat Bandara Radin Inten II Lampung Selatan untuk dapat melayani embarkasi di tahun ini.

Sebab, Pemprov bakal menyambani Kementarian Agama (Kemenag) RI perihal surat yang dikirimkan beberapa waktu lalu, melalui Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umrah.

Hal ini dilakukan dengan masksud melakukan percepatan dan memberikan kepastian terhadap Kemenag RI, bahwa Bandara Radin Inten II Lampung Selatan sudah siap secara teknis untuk bisa melayani rute embarkasi haji.

“Besok pagi (Hari ini, Red), saya akan ke Kemenag, untuk mempertanyakan langsung bagaimana progresnya,” ujar Sekprov Lampung Sutono, di lingkungan Pemprov Lampung, Kemarin (8/2).

Dia sangat berharap Menteri Agama mellui Dirjen yang membidangi persoalan ini, bisa mendukung dengan pelaksanaan haji melalu Bandara terbsesar di Saibumi Ruwajurai ini.

“Kami juga kan kembali menjelaskan kepada pusat bahwa secara teknis, Lampung sudah benar-benar siap dalam pelaksanaan haji melalui Bandara Radin Inten II tahun ini. Untuk itu, saya haap dengan hasil besok Kemenag sudah bisa menjadwalkan penurunan tim ke lampung agar bisa di kroscek,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Radin Inten II Lampung Selatan Satimin, mengatakan, secara teknis mulai dari pembangunan bandara, parkir pesawat, segi panjang landasan pacu sudah tidak ada persoalan.

Saat ini, sambung dia pihaknya tinggal menunggu penjadwalan launching Bandara Radin Inten II Lampung Selatan yang diencanakan dilakukan pada maret-april ini.

“Kalau uji landasan pacunya, belum ada infomasi lanjutan. Yang jelas, Insya Allah Maret launching dan akan dihadii dengan RI 1. Informasi sementara yang masuk seperti itu mas,” jelasnya.(tnn)

News Reporter