Pemprov Lampung Siapkan OTD Sambut Haji 2018

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pemprov Lampung terus berupaya merealisasikan pelaksanaan haji tahun ini melalui Bandara Radin Inten II Lampung Selatan.

Kendati belum ada kejelasan, Pemprov Lampung tetap menyiapkan anggaran untuk Ongkos Transit Daerah (OTD), dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung TA 2018.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Bina Mental Provinsi Lampung, Ratna Dewi. Menurut dia, dana saving ini harus disediakan sebagai safety. Namun demikian dia mengaku tim tengah mengupayakan pelaksanaan embarkasi haji dari Lampung.

“Tetap kita siapkan dananya. Sebab untuk jaga-jaga,” kata dia.

Namun, sayangnya dia tidak menyebutkan besaran anggaran yang disediakan terlebih dahulu. Dia mengaku akan mengecek terlebih dahulu. “Anggarannya saya lupa. Nanti saya cek,” kata dia.

Soal besaran tahun ini, dia mengaku belum bisa menjawab sebab, nantinya akan dirapatkan terlebih dahulu.

“Besaran acuannya sih kita ada. Tapi, saya belum mau mnyebutkan. Kita rapat dulu biasanya untuk penetapannbesarannya. Sebab juga melibatkan kabupaten/kota. Paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan,” jelasnya.

Diketahui, tahun 2017 Pemprov Lamping menyediakan anggaran sebesar Rp6,163 miliar dari total keseluruhan kebutuhan OTD untuk 7070 CJH. Total kebutuhan adalah Rp24,051 miliar yang sisanya di tanggung kabupaten/kota.

Besarannya, Rp3.485.320 perjamaah yang terdiri dari Pemda Kabupaten/Kota Rp2,6 juta sementara yang menjadi kewajiban Provinsi Lampung adalah Rp871.330. (abd/ang/tnn)

News Reporter