Pemprov Lampung Integrasi Produk Unggulan

0
582
views

PEMERINTAH Provinsi Lampung dan jajarannya melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Perkebunan untuk melakukan integrasi dan harmonisasi program agar dapat menghasilkan produk yang unggul dan berdaya saing.

Sejalan dengan keberadaan Provinsi Lampung sebagai salah satu pengekspor komoditas Pertanian dan Perkebunan dalam arti luas (kopi, lada, karet, kelapa, kakao dan kelapa sawit) yang harus siap saat berada dalam pusaran ekonomi regional Asean.

Dijelaskan Asisten bidang Ekbang Adeham, perekonomian di Provinsi Lampung berbasis pertanian, salah satunya adalah dari sub sektor perkebunan yang telah memberikan kontribusi volume ekspor perkebunan terhadap volume ekspor Lampung  sebesar 37,15% dan kontribusi nilai ekspor perkebunan terhadap nilai ekspor Lampung sebesar 67,01%.

Lebih lanjut diuraikan, Provinsi Lampung memiliki tujuh komoditas unggulan perkebunan yaitu lada, kopi, kakao, karet, tebu, kelapa dalam dan kelapa sawit. Khusus untuk komoditas kopi, keberhasilan tiga sentra kopi di Lampung yang telah masuk dalam kategori specialty grade coffe berdasarkan uji cita rasa di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, hendaknya predikat tersebut bisa dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan harga kopi.

LEAVE A REPLY