Pemprov Lampung Dukung Program bagi Penyadang Disabilitas

0
185
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk mendukung program-program bagi Penyandang Disabilitas di Provinsi Lampung. Terutama Program-Program yang berkaitan dengan pendidikan maupun kebutuhan sosial lainnya.

Demikian disampaikan dalam Audiensi Pemerintah Provinsi Lampung dengan Komunitas Lampung Mendengar di ruang rapat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kamis (23/2).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto dalam arahannya menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya menetapkan kebijakan perlindungan dan pelayanan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas secara sistematis, komprehensif, konsisten dan implementatif.

Menurutnya salah satu upaya tersebut dilakukan dengan diberlakukannya Pendidikan Inklusif yakni sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah biasa bersama dengan teman-teman seusianya serta memberikan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan termasuk dibidang ketenagakerjaan.

“Tentunya program ini masih perlu masukan dan saran dari Komunitas Lampung Mendengar agar lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas di Provinsi Lampung, untuk itu kami sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana berkoordinasi dalam menentukan program-program kedepan bagi penyandang disabilitas di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menjelaskan bahwa untuk memberikan perhatian khusus kepada Penyandang Disabilitas, pihaknya telah membentuk Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) guna menjaring Penyandang Disabilitas di tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota.
Dimana dalam penerapannya pihaknya juga mengikutsertakan partisipasi masyarakat guna membantu kebutuhan penyandang disabilitas di daerah tersebut.

“Saat ini data penyandang disabilitas di Provinsi Lampung ada sekitar 17.800 lebih dan dengan menerapkan UPSK ini permasalahan Penyandang Disabilitas cepat teratasi dengan partisipasi pemerintah dan masyarakat di kelurahan/kecamatan tersebut dan kami terus menggenjot kebersamaan ini”, tuturnya.

Selain itu Sumarju juga mengatakan bahwa pihaknya juga terus mendukung penyandang disabilitas untuk mengenyam pendidikan hingga ke tinggat sarjana dan magister/master. Bahkan menurutnya saat ini terdapat 9 (sembilan) penyandang disabilitas yang sudah berhasil meraih gelar master dan beberapa diantaranya diraih dengan predikat cumlaude.

Dalam informasi Kabag Humas dan Komunikasi Publik Pemprov. Lampung Heriyansyah sebagaimana dikatakan Perwakilan Komunitas Lampung Mengajar Meiddy Septiadi mengatakan pihaknya menyambut baik dengan dukungan yang diberikan pemerintah kepada penyandang disabilitas di Provinsi Lampung. Menurutnya selain dukungan kepada penyadang disabilitas, program yang juga harus terus digalakan adalah program pendidikan bagi orang tua yang mempunyai anak-anak penyandang disabilitas.

“Terapis terbaik bagi penyandang disabilitas adalah para orang tua, hanya saja saat ini pengetahuan orang tua dalam menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus sangat terbatas sehingga masih dibutuhkan pelatihan-pelatihan bagi para orangtua agar terapi yang mereka berikan kepada anak benar dan tepat”, ujarnya.

Guna mendukung program tersebut pihaknya juga telah menginisiasi untuk mengadakan workshop-workshop bagi para orang tua yang memiliki anak-anak berkebutuhan khusus dan pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Lampung dapat terus mendukung dan menyukseskan berbagai program tersebut.

“Kami sangat berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung terkait berbagai program-program kami bagi para penyandang disabilitas dan diharapkan kegiatan komunikasi ini akan terus berkelanjutan”, harapnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas dan Komunikasi Publik Heriyansyah dalam acara ini turut hadir Perwakilan Anggota Kominitas Lampung Mengajar, Perwakilan Dinas Pendidikan serta Perwakilan Dinas Sosial.(*)