. . .

Pemkot Tambah Lima Unit Armada Sampah

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota Bandarlampung menambah lima unit mobil dumtruck operasional sampah. Pasalnya, hampir separuh armada truk sampah yang ada dalam kondisi tidak sehat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bandar Lampung, Sahriwansyah, saat ditemui di kantor Pemkot setempat, Rabu (21/11) mengatakan. Tidak hanya hari ini,  pada akhir desember mendatang akan ada penambahan lagi berupa truck amrol.  “Hari ini kita tambah lima unit truk sampah. Bulan Desember sekitar tanggal 22 kita akan tambah lagi delapan unit truk amrol,” kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini DLH baru memiliki 85 unit truk armada sampah yang beroperasional. Namun sayangnya, hampir 30 truk sampah yang sudah tidak layak pakai.

“Keseluruhan ada 85 unit yang dikelola hingga UPT kita. Dengan jumlah armada yang kita miliki saat ini sudah memadai untuk penanganan sampah, tapi sayangnya 30-40 truk sampah kondisinya tidak sehat. Ada yang umurnya sudah mencapai 20 tahun,” jelasnya.

Masih kata Sahriwansyah, untuk menangani hal itu. Pihaknya DLH akan lalukan pelelangan untuk armada truck sampak yang audah tidak layak pakai, dan tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan lagi.

“Nanti yang kondisinya sudah tidak memungkinkan akan kita lelang saja, kita upayakan agar ada penambahan armada terus. Kita tiap hari mobil yang sehat penarikan sampah tiga sampai empat kali,” tandasnya.

Sementara itu,  Walikota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, penambahan unit armada ini agar penanganan sampah di Bandarlampung bisa terkendali.

“Dumtruck-nya kita beli lima dulu, bulan depan amrolnya. Ini tidak lain agar Kota Bandarlampung lebih  bersih lagi dari sampah. Mau ditempatkan dimana saja terserah kepala dinasnya,” kata Herman HN. (jef/hkw)