. . .

Pemkot Perbaiki Sekolah yang Rusak Akibat Puting Beliung

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Bencana Puting Beliung yang terjadi beberapa waktu lalu, menghancurkan beberapa fasilitas umum (Fasum), salah satunya Sekolah.

Sekolah yang hancur diantaranya TK Pembina, SMPN 24 Bandarlampung, SMPN 36 Bandarlampung, SMKN 7 Bandarlampung dan SMAN 12 Bandarlampung.

Dari lima sekolah yang hancur akibat bencana puting beliung, Asisten 1 Pemkot Bandarlampung, Sukarma Wijaya mendapat intruksi untuk memperbaiki beberapa fasum itu.

“Iya, kami diperintahkan pak Wali Kota harus segera memperbaiki sekolah-sekolah yang rusak itu,” ungkap Sukarma, usai rapat dengan BPBD dan Dinas PU Bandarlampung, Selasa(17/7).

Menurutnya, sekolah yang akan diperbaiki yang menjadi tanggungjawab Pemkot yakni TK Pembina, SMPN 24 dan SMPN 36 Bandarlampung. Namun, untuk dua sekolah lain seperti SMKN 7 dan SMAN 12 Bandarlampung merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi.

“Yang kami perbaiki hanya 3 sekolah saja, kalau 2 sekolah lain, kami sudah usulkan ke Pemprov Lampung untuk memperbaikinya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam perbaikan 3 sekolah, dirinya akan mengambil anggaran dari dana bencana tanggap darurat dan dana lainnya. Dimana, untuk 2 sekolah yakni TK Pembina dan SMPN 24 Bandarlampung, akan diambil dari dana bencana tanggap darurat.

Namun, untuk SMPN 36 Bandarlampung, dikarenakan masih dalam tahap perbaikan, pihaknya meminta kepada kontraktor yang mengerjakan untuk dilakukan adendum.

“Kalau SMPN 36 Bandarlampung kan masih tahap perbaikan, kami minta kontraktor yang mengerjakannya, tapi kami akan bantu sesuai dengan kebutuhan. Yang pasti, pekerjaannya masih menjadi tanggungjawab kontraktor,” katanya.

Diketahui sebelumnya, pada hari selasa (12/6) lalu, terjadi angin puting beliung di wilayah Sukarame Bandarlampung, akibatnya, pohon tumbang, rumah semi permanen roboh dan beberapa sekolah hancur.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, terjadi kerugian materil hingga ratusan juta rupiah. (jef/hkw)